Kasus Covid-19 Melonjak, Kota-kota Ini Kembali Berlakukan Lockdown

Kompas.com - 14/07/2020, 15:31 WIB
Ilustrasi lockdown karena virus corona ShutterstockIlustrasi lockdown karena virus corona

KOMPAS.com - Hampir semua negara kini berada pada fase pelonggaran penguncian akibat virus corona.

Aktivitas perekonomian masyarakat pun kembali bergeliat, meski berada dalam bayang-bayang infeksi Covid-19.

Virus yang bermula di kota Wuhan, China itu sebelumnya telah memaksa adanya penguncian di banyak negara, sehingga berdampak besar pada ekonomi global.

Namun, beberapa bulan setelah dilonggarkan, sejumlah kota penting dunia kini kembali berada dalam penguncian akibat lonjakan kasus Covid-19.

Baca juga: Saat RRI Surabaya Tak Mengudara karena Corona

Beijing

Pada pertengahan Juni 2020, Ibu Kota China, Beijing kembali memberlakukan lockdown di 10 kawasan perumahan setelah adanya laporan kasus Covid-19 baru.

Saat itu, ada sekitar 36 kasus baru yang dilaporkan dalam satu hari dan terkait dengan sebuah pasar makanan, dikutip dari SCMP, 15 Juni 2020.

Pasar tersebut merupakan pusat distribusi makanan di Beijing selatan yang menempati lahan seluas 107 hektar dan memasok makanan ke provinsi utara seperti Shandong, Shanxi, Hebei dan Liaoning.

Wakil Kepala Distrik Kota Haidian, Lin Junjie mengatakan, 10 kawasan perumahan di sekitar Pasar Yuquandong akan di-lockdown.

Keputusan itu diberlakukan karena Pasar Yuquandong juga teridentifikasi memiliki kasus infeksi baru yang masih berhubungan dengan Pasar Xinfadi.

Beijing sebelumnya telah dinyatakan bebas dari transmisi lokal Covid-19 selama 55 hari sampai adanya kemunculan kasus baru pada 11 Juni 2020.

Baca juga: Beijing Nol Positif Corona, Otoritas Peringatkan Jangan Berpuas Diri

Halaman:

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X