Saat Museum-museum di AS Mulai Mengumpulkan Jejak Pandemi Covid-19

Kompas.com - 14/07/2020, 08:00 WIB
Museum shutterstockMuseum

KOMPAS.com - Pandemi virus corona tahun 2020 ini besar kemungkinan akan dikenang sebagai peristiwa besar di kemudian hari. 

Buktinya, organisasi arsip dan museum di seluruh Amerika Serikat telah melakukan pencarian baru untuk mendokumentasikan krisis wabah virus corona dalam hari-hari ini. 

Tanda-tanda penutupan bisnis, kartu ucapan terima kasih kepada tenaga kesehatan, alat uji, semua bisa memberi cerita tersendiri.

Beberapa lembaga telah membuat pengumuman kepada publik mengenai rencana ini.

The Smithsonian's National Museum of American History, Washington telah membentuk satuan tugas untuk mendokumentasikan peristiwa ilmiah dan medis serta dampak dalam bisnis, politik, dan budaya selama pandemi. 

Museum Autry di Los Angeles juga telah memulai untuk mengumpulkan gambar, Museum Dunn di Chicago sedang mengumpulkan cerita dan gambar, sementara Museum Sloan di Michigan mengumpulkan jurnal, seni, dan video.

"Apa yang membuatnya menantang adalah kita masih di tengah-tengah pandemi," kata Melissa Marinaro dari Heinz History Center, Pittsburgh, dilansir dari SCMP, Senin (13/7/2020).

"Kami mendapat banyak kiriman jurnal dan buku harian, sementara seniman telah mengirim sketsa, lukisan, dan gambar," sambungnya.

Mendokumentasikan pandemi

Satu tantangan besar dalam mendokumentasikan pandemi ini adalah tak ada banyak artefak fisik yang berbeda dibandingkan dengan jumlah yang dihasilkan oleh bencana atau konflik lain.

Perang Dunia Kedua menghasilkan jutaan keping artefak yang berbeda, termasuk seragam, senjata, lencana, helm, peta, dan medali di lebih dari 30 negara.

Halaman:

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X