Catatan WHO Soal Covid-19 di Indonesia: Kapasitas Tes Masih Rendah

Kompas.com - 13/07/2020, 17:05 WIB
Ilustrasi virus corona (Covid-19) SHUTERSTOCKIlustrasi virus corona (Covid-19)

KOMPAS.com - Organisasi Kesehatan Dunia ( WHO) telah menerbitkan laporan situasi virus corona di Indonesia pada Rabu (8/7/2020).

Laporan tersebut dikeluarkan oleh WHO secara berkala dengan memberi sejumlah catatan untuk kasus Covid-19 di Indonesia tiap minggunya.

Dalam laporan itu, WHO menyoroti tes swab atau PCR di Indonesia yang berfokus pada tindak lanjut pasien positif Covid-19 yang akan dipulangkan.

Sementara WHO mengingatkan agar tes PCR seharusnya diprioritaskan pada diagnosis kasus pasien dalam pengawasan (PDP) dan orang dalam pemantauan (ODP).

Sebab, WHO telah memperbarui panduan manajemen klinis untuk pasien Covid-19 yang menyebutkan bahwa pasien Covid-19 bisa dipulangkan dari isolasi rumah sakit tanpa memerlukan dua tes PCR dengan hasil negatif berturut-turut.

Meski demikian, WHO menyebut pasien tersebut rendah kemungkinannya untuk menularkan virus ke orang lain.

Kriteria pemulangannya adalah:

  • Pasien dengan gejala: 10 hari setelah menunjukkan gejala, ditambah minimal 3 hari tanpa gejala (termasuk demam dan gejala pernapasan)
  • Pasien tanpa gejala: 10 hari setelah dites positif untuk Covid-19

"Jika diadopsi pada konteks negara, maka penentuan prioritas tes PCR ini berarti pada peningkatan diagnosis dugaan kasus Covid-19," tulis WHO dalam laporannya.

Baca juga: Membandingkan Tes Covid-19 di Indonesia dan Dampaknya bagi Penyebaran Virus

SL (tengah), pasien terlama Covid-19 usai dinyatakan sembuhIstimewa SL (tengah), pasien terlama Covid-19 usai dinyatakan sembuh

Hal itu terlihat dari jumlah spesimen Covid-19 yang diperiksa mencapai 968.237 spesimen, jauh lebih tinggi daripada jumlah orang yang dites, yaitu 575.536 hingga 8 Juli 2020.

Dalam laporannya, WHO juga memberi catatan mengenai lamanya pengujian yang bisa mencapai lebih dari satu minggu.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X