Corona Menerkam Pariwisata dan Ilmu Kepepetisme

Kompas.com - 13/07/2020, 09:34 WIB
Fokus garap segmen wisatawan nusantara (wisnus) jadi bukti sigap Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) atau Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Baparekraf) dalam memulihkan perekonomian Indonesia. DOK. PRIBADI/KEMENPAREKRAFFokus garap segmen wisatawan nusantara (wisnus) jadi bukti sigap Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) atau Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Baparekraf) dalam memulihkan perekonomian Indonesia.


INDUSTRI yang paling parah terdampak pagebluk Corona adalah pariwisata yang secara langsung terkait pada industri perhotelan, kuliner, biro perjalanan dan terutama industri penerbangan yang dengan sendirinya terkait langsung dengan industri pesawat terbang, industri bandara, industri teknologi penerbangan, industri ticketing, industri sekuriti penerbangan, industri perawatan pesawat terbang dan lain-lain dan sebagainya.

Eropa

Akibat sangat tergantung pada industri pariwisata maka Yunani merupakan negara Eropa pertama yang terpaksa resmi membuka diri demi mengundang kedatangan para turis dari mancanegara sementara negara lain masih menutup pintu gerbang masing-masing rapat-rapat.

Namun upaya mendatangkan para wisatawan mancanegara ke Yunani ternyata sia-sia belaka karena para turis masih enggan berpergian ke luar dari negeri masing-masing sebab masih menderita Coronafobia.

Demikian pula upaya pusat-pusat wisata di Italia Selatan mendatangkan turis gagal total akibat Italia telanjur tersohor sebagai negara yang paling parah terpapar Covid-19.

Pendek kata Coronafobia memicu fobia-fobia lainnya yang menyebabkan masyarakat takut melakukan perjalanan wisata dengan meninggalkan negeri masing-masing.

Masyarakat Jerman memilih berkunjung ke destinasi wisata di dalam negeri Jerman sendiri akibat tidak percaya pada sistem pelayanan kesehatan di luar negeri Jerman.

Juga akibat enggan menempuh perjalanan dengan pesawat terbang yang penuh beban kendala rimba belantara peraturan protokol kesehatan.

Amerika Serikat

Berdasar data Tourism Economics kerusakan pada ekonomi Amerika Serikat (AS) terdampak prahara Corona terutama terjadi akibat pembatalan penerbangan yang dilakukan para turis China yang merencanakan kunjungan ke Amerika Serikat.

Diduga akibat pembatalan kunjungan para wisatawan hanya dari China saja memerosotkan omzet pariwisata AS pada 2020 sekitar 28 persen dibandingkan dengan 2019.

Hotel AS kehilangan sekitar 4 juta malam yang biasa dihuni para wisatawan China.

Halaman:

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X