Merasa Dirugikan karena Tagihan Naik? Adukan ke BPKN, Ini Caranya!

Kompas.com - 12/07/2020, 20:07 WIB
Ilustrasi tagihan ShutterstockIlustrasi tagihan

KOMPAS.com - Beberapa waktu yang lalu, seorang pengguna layanan internet berbagi pengalamannya di media sosial Facebook.

Pengguna Facebook bernama Rusdianto Enggar Wardhono itu berbagi cerita tentang tagihan internetnya yang naik secara tiba-tiba.

Setelah ia melakukan pengecekan, ternyata tagihannya naik karena kecepatan internetnya dinaikkan tanpa konfirmasi oleh penyedia layanan.

Pengguna itu kemudian melaporkan hal yang dialaminya kepada penyedia layanan internet, namun tidak membuahkan hasil.

Akhirnya, ia berinisiatif mengadukan hal tersebut ke Badan Perlindungan Konsumen Nasional ( BPKN). Aduannya kemudian ditanggapi dan diproses oleh BPKN, dan akhirnya tagihan internet yang tiba-tiba naik sekarang kembali seperti semula.

Baca juga: Tagihan Listrik Naik padahal Pemakaian Menurun? Kemungkinan Ini Penyebabnya Menurut PLN

Ia pun menyarankan, bagi siapa saja yang mendapatkan masalah terkait layanan publik menempuh cara seperti yang dilakukannya.

"Untuk masyarakat yang mengalami masalah serupa atau masalah tentang layanan publik baik BUMN, maupun lembaga pemerintah maupun lainnya,dapat mengadukan ke Badan Perlindungan Konsumen Nasional Republik Indonesia (BPKN).salam guyup rukun." tulis Rudianto dalam unggahannya di grup Facebook MIK SEMAR.

Tangkapan layar Facebook MIK SEMARFacebook: MIK SEMAR Tangkapan layar Facebook MIK SEMAR
Seperti apa cara yang bisa dilakukan untuk mengadukan jika merasa dirugikan karena ada tagihan yang tiba-tiba naik atau terkait persoalan layanan publik lainnya?

Wakil Ketua Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) Rolas Budiman Sitinjak, mengatakan, berdasarkan UU 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen, lembaganya bertugas menerima setiap pengaduan konsumen.

Tidak ada batasan terkait produk atau layanan yang bisa diadukan oleh konsumen. Selama produk tersebut dinilai merugikan, maka bisa diadukan kepada BPKN.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X