Melihat Virus Corona Menyerang Banyak Organ Tubuh Selain Paru-paru...

Kompas.com - 12/07/2020, 13:20 WIB
Ilustrasi virus corona (Covid-19) KOMPAS.com/NURWAHIDAHIlustrasi virus corona (Covid-19)

KOMPAS.com - Virus corona penyebab penyakit Covid-19 ternyata tidak hanya menyerang paru-paru, tetapi juga ginjal, hati, jantung, otak dan sistem saraf, kulit dan saluran pencernaan.

Hal itu ditemukan dalam tinjauan medis kondisi pasien yang dijelaskan oleh para dokter, Jumat (10/7/2020).

Mengutip CNN, Sabtu (11/7/2020), tim di Pusat Medis Irving Universitas Columbia di New York City, salah satu rumah sakit yang dipenuhi pasien Covid-19 mengumpulkan laporan dari tim medis lain di seluruh dunia.

Gambaran komprehensif mereka menyebutkan virus corona hampir menyerang setiap sistem utama dalam tubuh manusia.

Merusak organ

Virus corona secara langsung merusak organ dan menyebabkan darah menjadi beku, serta jantung kehilangan ritme sehatnya.

Sehingga menyebabkan sakit kepala, pusing, nyeri otot, sakit perut, dan gejala lainnya muncul bersamaan dengan gejala pernapasan klasik seperti batuk dan demam.

"Dokter perlu menganggap virus Corona Covid-19 sebagai penyakit multisistem," kata ahli kardiologi di Columbia Dr. Aakriti Gupta.

"Ada banyak berita tentang pembekuan darah, tetapi juga penting untuk memahami bahwa sebagian besar pasien ini menderita kerusakan ginjal, jantung, dan otak, dan dokter perlu merawat kondisi itu bersama dengan penyakit pernapasan," ujar Gupta.

Baca juga: Virus Corona Disebut Menyebar Melalui Udara, Amankah Beraktivitas Outdoor?

Sebagian besar kerusakan yang ditimbulkan oleh virus corona muncul karena afinitasinya terhadap reseptor, semacam "pintu masuk" molekul ke dalam sel yang disebut ACE2.

Sel-sel yang melapisi pembuluh darah, di ginjal, saluran hati, pankreas, di saluran usus dan melapisi saluran pernapasan semuanya ditutupi dengan reseptor ACE2 yang dapat digunakan virus untuk bergulat dan menginfeksi sel.

Halaman:

Sumber CNN
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X