Hari Ini dalam Sejarah: 12 Juli 1962, Aksi Perdana The Rolling Stones

Kompas.com - 12/07/2020, 11:29 WIB
The Rollong Stones Shutterstock/EverettThe Rollong Stones

KOMPAS.com - Hari ini 58 tahun lalu, tepatnya 12 Juli 1962, band rock legendaris asal Inggris The Rolling Stones tampil perdana di sebuah klub di London.

The Rolling Stones dibentuk pada 1962, dengan personel awal Mick Jagger, Keith Richards, Brian Jones, Bill Wyman, dan Charlie Watts.

Dalam perjalanan kariernya, Stones menjadi lambang definitif sebuah band rock: perpaduan sempurna antara kualitas vokal mumpuni, penampilan panggung atraktif, dan popularitas di mata publik.

Band ini dianggap sebagai salah satu band rock paling sukses sepanjang masa, masih eksis hingga kini bahkan setelah hampir 60 tahun berdiri.

Awal karier

Melansir Britannica, The Rolling Stones mengawali kariernya dengan tampil dari satu klub ke klub lain di London.

Awalnya, band ini diragukan bisa sukses di kancah musik Inggris. Kenyataan berkata lain. Pada 1965, mereka berada di urutan kedua setelah Beatles, sebagai band paling digandrungi remaja Inggris.

Berbeda dengan Beatles yang tampil dengan pakaian rapi, dan terkesan kalem, Stones menampilkan gaya urakan dan "pemberontak".

Repertoar awal The Stones terutama terdiri dari lagu-lagu blues dan rock and roll era 1950-an. Lima single pertama mereka dan sebagian besar dari dua album pertama mereka disusun oleh orang lain.

Titik balik Stones tercapai ketika, Jagger dan Richards mulai membuat lagu mereka sendiri.

(I Can't Get No) Satisfaction

Vokalis Mick Jagger tampil bersama bandnya The Rolling Stones pada konser di The Velodrome Stadium di Marseille, Perancis, pada 26 Juni 2018. Konser itu masuk dalam rangkaian tur dunia No Filter. AFP/BORIS HORVAT Vokalis Mick Jagger tampil bersama bandnya The Rolling Stones pada konser di The Velodrome Stadium di Marseille, Perancis, pada 26 Juni 2018. Konser itu masuk dalam rangkaian tur dunia No Filter.
Duo penulis lagu Jagger-Richards menciptakan single hits pertamanya, (I Can't Get No) Satisfaction, pada 1965 dan disusul dengan serangkaian lagu hit inovatif hingga 1966, termasuk Paint It Black, 19th Nervous Breakdown, Get off My Cloud, Have You Seen Your Mother, Baby, dan Lady Jane.

Halaman:
Baca tentang

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X