Studi: Perubahan Suara Bisa Jadi Indikasi Covid-19

Kompas.com - 12/07/2020, 09:37 WIB
Ilustrasi virus corona (COVID-19). KemenkesIlustrasi virus corona (COVID-19).

KOMPAS.com - Sebuah temuan baru mungkin akan lebih menyederhanakan pengujian Covid-19 yang selama ini melalui sampel air liur tenggorokan atau usap hidung.

Pasalnya, para peneliti MIT percaya bahwa perubahan suara mungkin menjadi indikasi infeksi seseorang.

Dengan menganalisis data audio dari pembawa virus corona asimptomatik, para peneliti dari MIT Lincoln Laboratory mengusulkan cara untuk mendeteksi tanda-tanda virus.

Karena perubahan suara terlalu halus untuk ditangkap telinga, mereka memanfaatkan komputer dalam menganalisis.

Baca juga: Indonesia Disebut Masuk Fase Berbahaya, Kapan Pandemi Akan Berakhir?

Dikutip dari SCMP, Jumat (10/7/2020), para peneliti menggunakan video dari konferensi pers dan wawancara yang diunggah ke YouTube, Instagram, dan Twitter.

Mereka menganalisis data audio dari sebelum dan sesudah pasien dinyatakan positif Covid-19.

Dengan menggunakan algoritma untuk menganalisis sinyal suara, peneliti mendeteksi gangguan pada suara seseorang yang bisa disebabkan oleh perubahan gerakan laring dan otot dalam sistem pernapasan.

"Peradangan akibat virus mengurangi pergerakan otot yang melintasi sistem vokal seseorang karena terlalu menempel," hipetosis peneliti.

Untuk menjelaskannya secara lebih sederhana, para peneliti menganalogikannya dengan jari pianis.

Baca juga: Soal Pengujian Virus Corona, Mana Tes yang Lebih Akurat?

Temuan baru

Petugas laboratorium memegang satu dosis kandidat vaksin Covid-19 di National Primate Research Center of Thailand. Gambar diambil pada 23 Mei 2020. AFP/MLADEN ANTONOV Petugas laboratorium memegang satu dosis kandidat vaksin Covid-19 di National Primate Research Center of Thailand. Gambar diambil pada 23 Mei 2020.

Halaman:
Baca tentang

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X