Pakar: Covid-19 Dapat Menyebabkan Sindrom Kelelahan Jangka Panjang

Kompas.com - 10/07/2020, 17:32 WIB
ilustrasi kelelahan bekerja Shutterstockilustrasi kelelahan bekerja

KOMPAS.com - Pakar penyakit menular di Amerika Serikat (AS) Dr Anthony Fauci menyebut bahwa ada bukti beberapa orang yang positif Covid-19 mengalami sindrom kelelahan jangka panjang setelahnya.

Mengutip CNN, Fauci mengatakan hal tersebut dalam konferensi pers yang diselenggarakan oleh International AIDS Society, Kamis (9/7/2020).

Kelompok International AIDS Society tersebut mengadakan konferensi Covid-19 sebagai tambahan dalam pertemuan AIDS setiap tahun.

"Mungkin ada sindrom pasca-virus yang terkait dengan Covid-19," kata Fauci.

Baca juga: Virus Corona Menular Lewat Droplet dan Airborne, Apa Bedanya?

Adapun gejalanya, kata Fauci, terlihat menyerupai seperti yang terlihat pada pasien myalgic encephalomyelitis, atau ME, yang dulu dikenal sebagai sindrom kelelahan kronis.

"Jika Anda melihat secara anekdot, tidak ada pertanyaan bahwa ada sejumlah besar orang yang memiliki sindrom pasca-virus," jelas Fauci

"Yang dalam banyak hal melumpuhkan mereka selama berminggu-minggu dan beberapa minggu setelah apa yang disebut pemulihan," imbuh Fauci.

Baca juga: Pecahkan Rekor Baru Kasus Covid-19, Berikut 3 Penyebab Utamanya...

Fauci mengungkapkan, dalam aplikasi Covid Symptom Tracker dan beberapa aplikasi lainnya, terdapat orang-orang yang menceritakan dapat pulih tetapi tidak kembali normal seperti biasanya.

Mereka melaporkan gejala-gejala seperti kabut otak, kesulitan berkonsentrasi dan kelelahan yang menyerupai gejala-gejala ME tadi.

Baca juga: Ahli Sebut CT Scan Lebih Efektif untuk Diagnosis Virus Corona daripada Tes Swab

Halaman:
Baca tentang

Sumber Reuters,CNN
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X