China Ingatkan Warganya di Kazakhstan Waspada Pneumonia Misterius

Kompas.com - 10/07/2020, 14:35 WIB
Ilustrasi pneumonia ShutterstockIlustrasi pneumonia

KOMPAS.com – Kedutaan Besar China di Kazakhstan, Kamis (9/7/2020), memperingatkan warganya yang tinggal di negara itu tentang pneumonia lokal yang tidak diketahui penyebabnya.

Mengutip Daily Mail, Jumat (10/7/2020), Kedutaan Besar China menyebut pneumonia yang terjadi sebagai pneumonia yang tidak diketahui.

Adapun, pejabat di Kazakhstan menyebutkan, yang terjadi hanya epidemi pneumonia.

Pneumonia yang tidak diketahui di Kazakhstan menyebabkan 1.772 kematian dalam enam bulan pertama tahun ini, termasuk 628 orang pada bulan Juni saja, termasuk warga China,” demikian peringatan yang disampaikan Kedubes China di Kazakhstan dalam sebuah pernyataan di platform Wechat, seperti diberitakan Global Times.

Kedutaan juga mengutip pernyataan media setempat bahwa Departemen Kesehatan Kazakhstan saat ini sedang mengkaji lebih lanjut mengenai penyakit pneumonia tersebut.

Sejauh ini, belum ada indikasi apakah penyakit ini berkaitan dengan Covid-19.

Akan tetapi, beberapa ahli China mengatakan, langkah-langkah harus segera diambil untuk mencegah pneumonia menyebar ke China.

Baca juga: Apa Bedanya Pneumonia dengan Covid-19 yang Disebabkan Virus Corona?

Kazakhstan sendiri merupakan negara yang berbatasan wilayah dengan daerah otonomi Xinjiang Uygur, China Barat Laut.

Kedutaan China juga mengingatkan warganya untuk meningkatkan kesadaran terkait langkah-langkah dalam menghindari penyebaran virus.

Kantor Berita Kazakhstan, Kazinform, seperti dikutip Global Times, menuliskan, Menteri Kesehatan Kazakhstan pada Rabu (8/7/2020), menyebut jumlah pasien sakit akibat pneumonia dua sampai tiga kali lebih banyak dibanding mereka yang terinfeksi Covid-19 di negara itu.

Halaman:

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X