Bisa Menyebar Lewat Udara, Bagaimana Cegah Virus Corona di Ruangan Tertutup?

Kompas.com - 10/07/2020, 14:16 WIB
Ilustrasi virus corona, Covid-19 Ilustrasi virus corona, Covid-19

KOMPAS.com - Lebih dari setengah tahun setelah virus corona terdeteksi, para pakar kesehatan dan ilmuwan masih terus berusaha mendapatkan pemahaman yang lebih baik mengenai cara penyebaran dan langkah menekan virus penyebab penyakit Covid-19.

Terbaru, Organisasi Kesehatan Dunia ( WHO) telah mengakui bukti bahwa virus juga dapat ditularkan oleh tetesan yang lebih kecil atau aerosol melalui udara.

Disebutkan bahwa virus bisa bertahan di udara lebih lama dan dapat melakukan perjalanan lebih jauh. Temuan ini pun menambah daftar cara penyebaran virus corona.

Sebelumnya disebutkan jika virus ditularkan antar orang melalui transmisi tetesan pernapasan atau droplets, termasuk kontak langsung dengan orang yang terinfeksi hingga kontak terhadap permukaan yang mengandung virus.

Baca juga: Update Virus Corona 10 Juli 2020: 12,3 Juta Orang Terinfeksi, Ini 5 Negara dengan Kasus Tertinggi

Proses Penularan virus

Menurut epidemiolog dr Dicky Budiman, secara hirarki mekanisme penularan Covid-19 paling dominan adalah melalui droplets atau percikan cairan pernapasan.

"Selanjutnya yang harus diwaspadai tentu mekanisme penularan lewat formite (permukaan benda yang terkontaminasi virus) dan airbone aerosol," kata Dicky saat dihubungi Kompas.com, Jumat (10/7/2020).

Dengan adanya update terbaru dari WHO tersebut, Dicky menegaskan, seluruh orang harus lebih tertib dalam menerapkan protokol kesehatan, seperti menggunakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.

Sementara itu, penyebaran virus corona di ruangan tertutup dengan ventilasi buruk juga dapat meningkatkan risiko penularan.

"Hindari ruangan berventilasi buruk, ramai orang, dan rapat dengan durasi lama," ujar Dicky.

Ia menambahkan, perusahaan atau perkantoran perlu lebih memperhatikan karyawan dengan risiko tinggi terpapar virus, seperti orang dengan kormobid atau penyakit bawaan.

Halaman:

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X