4 Jalur Pendakian Gunung Prau Uji Coba Dibuka Hari Ini, Simak Persyaratannya...

Kompas.com - 10/07/2020, 12:25 WIB
Pendaki mendirikan tenda di puncak Gunung Prau RIZAL SETYO NUGROHO/KOMPAS.com Pendaki mendirikan tenda di puncak Gunung Prau

KOMPAS.com - Empat jalur pendakian Gunung Prau melakukan uji coba pembukaan pada Jumat (10/7/2020). Keempat jalur pendakian tersebut adalah jalur Patakbanteng, Kalilembu, Dwarawati, dan Wates.

Sebelumnya, jalur pendakian melalui base camp Dieng sudah melakukan uji coba pembukaan kembali sejak 3 Juli 2020.

Sementara itu, untuk basecamp Igir Mranak belum akan melakukan uji coba, karena masih ada beberapa hal yang masih perlu dipersiapkan.

Junior Manager Bisnis Perhutani KPH Kedu Utara, Wonosobo,  Herman Sutrisno menyebutkan bahwa, uji coba ini akan dilakukan selama satu bulan, dimulai sejak 3 Juli 2020.

"Kalau itu berjalan normal, baru dibuka seperti semula," kata Herman saat dihubungi Kompas.com (9/7/2020).

Sleai itu apabila dalam waktu satu bulan pengelola base camp dinilai bisa melaksanakan prosedur yang sudah ditentukan, maka pendakian Gunung Prau akan dibuka seperti semula, dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Baca juga: Gunung Prau akan Uji Coba Dibuka, Simak Syarat dan Ketentuannya

Persyaratan untuk pendaki

Dalam uji coba ini pendaki akan diizinkan untuk memasuki kawasan Gunung Prau dengan sejumlah persyaratan dan aturan yang harus dipatuhi. Seperti surat keterangan sehat atau bebas dari virus corona. 

"Membawa surat keterangan hasil rapid test atau surat keterangan sehat dari daerah asal. Kalau tidak ada, bisa mengurusnya di sini, tapi diutamakan dari daerah asal," kata Herman.

Mengenai surat keterangan hasil rapid/swab test, Herman menyebut bahwa sifatnya tidak wajib, tetapi yang wajib adalah surat keterangan sehat dari puskesmas, dokter, atau klinik.

Herman juga menyebutkan, selama masa uji coba, pendaki yang dilayani atau diizinkan untuk naik hanya mereka yang berasal dari provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X