Masker Kain Hanya Boleh Digunakan Maksimal 4 Jam, Ini Ketentuan Lengkapnya

Kompas.com - 08/07/2020, 14:09 WIB
Masker Kain Disinfektor Lapis Tembaga Anti Covid-19 LIPIMasker Kain Disinfektor Lapis Tembaga Anti Covid-19

KOMPAS.com - Pandemi virus corona telah berlangsung selama lebih dari 6 bulan jika dihitung dari diidentifikasinya kasus pertama di Wuhan, China, akhir Desember silam. 

Hingga kini, kasus-kasus baru masih terus dilaporkan di sejumlah wilayah, tidak terkecuali di Indonesia. 

Untuk menghadapi virus yang masih menyebar, pemerintah pun mengatur protokol-protokol yang harus ditaati dalam masa adaptasi kebiasaan baru ini. 

Salah satu protokol wajib dari seluruh kegiatan di masa adaptasi kebiasaan baru adalah penggunaan masker kain. 

Sebelumnya, sebagaimana diketahui bahwa pemerintah telah mengimbau masyarakat untuk menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah, meski sedang dalam keadaan sehat sekalipun.

Namun demikian, ada sejumlah hal yang perlu diperhatikan dalam menggunakan masker, terutama untuk jenis masker kain yang dianjurkan bagi masyarakat. 

Baca juga: Panduan Terbaru WHO, Simak Cara Mencuci Masker Kain

Ketentuan penggunaan masker kain

Adapun penggunaan masker kain boleh digunakan oleh masyarakat yang sehat di tempat umum. Akan tetapi, perlu juga menjaga jarak aman 1 hingga 2 meter.

Sementara itu, petugas kesehatan tidak disarankan menggunakan masker kain.

Sebab, masker kain tidak bisa memproteksi dari partikel berukuran kecil, hanya partikel besar saja. Untuk partikel berukuran 3 mikron, masker kain hanya mampu memfiltrasi 10-60 persen. Selain itu, masker kain juga memiliki tingkat kebocoran yang tinggi.

"Perlindungan terhadap droplet, ya ada. Tapi tidak ada perlindungan terhadap aerosol atau partikel yang airborne (mengapung di udara)," kata Dokter spesialis paru RS Umum Pusat (RSUP) Persahabatan, dr Erlina Burhan, Sp.P(K), M.Sc, pH sebagaimana dikutip Kompas.com, 1 April 2020

Halaman:

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X