Simak, Berikut 5 Fakta Tidak Ada Penerimaan CPNS 2 Tahun

Kompas.com - 07/07/2020, 19:20 WIB
Wali Kota Semarang Hendrar Prigadi membacakan sumpah janji CPNS menjadi PNS Pemerintah Kota Semarang di Gedung Taman Budaya Raden Shaleh (TBRS). Dok. Pemkot SemarangWali Kota Semarang Hendrar Prigadi membacakan sumpah janji CPNS menjadi PNS Pemerintah Kota Semarang di Gedung Taman Budaya Raden Shaleh (TBRS).

KOMPAS.com - Pegawai Negeri Sipil (PNS) merupakan pekerjaan yang masih jadi favorit di Indonesia.

Semenjak pandemi virus corona masuk ke Indonesia, proses penerimaan CPNS 2019 ditunda. 

Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) telah usai, namun tahap seleksi selanjutnya yaitu Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) belum terlaksana hingga kini.

Sementara itu pemerintah baru-baru ini mengumumkan tidak akan menerima pegawai baru melalui jalur seleksi CPNS.

Seperti apa fakta-faktanya?

Baca juga: CPNS 2020 Ditiadakan? Ini Tanggapan BKN...

1. CPNS ditunda 2 tahun

Dilansir Kompas.com, Selasa (7/7/2020), Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo mengatakan, tidak ada penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) pada 2020 dan 2021.

"Rekrutmen CPNS dua tahun ini tidak ada," kata Tjahjo di kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (6/7/2020), seperti dikutip Tribunnews.com.

Akan tetapi, Tjahjo mengatakan, penerimaan sekolah kedinasan seperti sekolah kepolisian dan militer akan tetap terlaksana sesuai jadwalnya.

2. Kemenkeu menghentikan penerimaan CPNS

Salah satu kementerian yang sudah mengumumkan bahwa tak akan menerima CPNS adalah Kementerian keuangan atau Kemenkeu. 

Kemenkeu telah menghitung dan menyusun proyeksi kebutuhan Sumber Daya Manusia (SDM) di lingkungan kerja mereka.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X