Fenomena Astronomi yang Terjadi Selama Bulan Juli, Catat Tanggalnya!

Kompas.com - 07/07/2020, 13:15 WIB
Fenomena Supermoon terlihat di Desa Alue Raya, Kecamatan Samatiga, Aceh Barat, Aceh, Rabu (6/5/2020). Fenomena supermoon terakhir pada 2020 bernama flower moon ini bisa terlihat jelas di seluruh Dunia dimana posisi bulan terdekat dengan bumi dan dapat disaksikan mulai Rabu (6/5/2020) hingga tiga hari ke depan. ANTARA FOTO/SYIFA YULINNASFenomena Supermoon terlihat di Desa Alue Raya, Kecamatan Samatiga, Aceh Barat, Aceh, Rabu (6/5/2020). Fenomena supermoon terakhir pada 2020 bernama flower moon ini bisa terlihat jelas di seluruh Dunia dimana posisi bulan terdekat dengan bumi dan dapat disaksikan mulai Rabu (6/5/2020) hingga tiga hari ke depan.

KOMPAS.com – Fenomena astronomi yang terjadi pada bulan Juli ini cukup beragam dan sayang untuk dilewatkan. 

Melansir dari akun resmi Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) @lapan_ri tercatat setidaknya ada 18 fenomena astronomi yang bisa dilihat selama bulan Juli ini.

Hari ini Selasa (7/7/2020) fenomena astronomi yang masih bisa dinikmati adalah Konjungsi Bulan-Saturnus dimana waktu paling baik menikmatinya adalah pada pukul 19.00 WIB.

Akan tetapi selama bulan Juli, fenomena astronomi tak hanya itu. Berikut ini beberapa daftar fenomena langit pada bulan Juli 2020:

1 Juli: Konjungsi Inferior Merkurius

Fenomena ini menandai ditandai dengan pergantian ketampakan Merkurius dimana semula dapat terlihat saat senja, berubah menjadi dapat dilihat saat fajar.

Posisi Merkurius berada di dekat Manzilah Alhena (Gamma Geminorium) di Konstelasi Gemini.

Adapun jarak Merkurius dengan matahari adalah sebesar 0.563 sa atau 84,2 juta km.

5 Juli: Puncak Fase Purnama

Fase ini terjadi pada pukul 11.44 WIB yang oleh suku-suku asli Amerika awal dikenal sebagai Bulan Purnama Penuh serta dikenal sebagai Bulan Guntur Penuh dan Bulan Worth Penuh.

Saat purnama nantinya bulan akan berjarak 379.148 km dari bumi (pusat ke pusat) dengan diameter tampak sebesar 31,5 menit busur.

5 Juli: Gerhana Bulan Penumbra

Gerhana bulan ini tak dapat terlihat di Indonesia, hal ini karena bulan sudah berada di bawah ufuk.

5-6 Juli : Konjungsi Bulan- Jupiter

Konjungsi Bulan-Jupiter ini adalah fenomena dimana bulan dan Jupiter terlihat berdekatan.

Waktu terbaik untuk melihat fenomena ini adalah saat fajar bahari/nautika yakni sekitar jam 05.00 WIB dengan jaraak pisah 2 derajat dan posisi Jupiter disebelah utara (kanan) bulan.

Baca juga: Malam Ini dan Besok Ada Fenomena Langit Konjungsi Bulan-Saturnus, Apa Itu?

6-7 Juli: Konjungsi Bulan-Saturnus

Fenomena ini adalah terlihatnya Bulan dan Saturnus tampak berdekatan.

Waktu terbaik untuk mengamati fenomena ini adalah saat keduanya telah terbit di ufuk barat pada pukul 19.00 WIB dengan jarak pisah 3,5 derajat dan posisi Saturnus berada di barat daya (kiri atas) bulan.

Stellarium Stellarium

12 Juli: Konjungsi Bulan- Mars

Puncak fenomena Konjungsi Bulan-Mars pada 12 Juli 2020 pukul 05.48 WIB yakni dengan jarak pisah 1,25 derajat dan posisi Mars berada di barat (bawah) bulan saat menghadap ke barat laut.

Bulan memasuki fase cembung akhir dengan jarak 403.726 km dari bumi (pusat ke pusat).

Adapun Mars berfase cembung dengan jarak 112,7 juta km dari bumi dan 207,2 juta km dari matahari.

12 Juli: Konjungsi Venus-Aldebaran

Waktu terbaik untuk melihat fenomena Konjungsi Venus-Aldebaraan adalah saat nautika atau bahari yakni sekitar pukul 05.00 WIB dengan jarak pisah 57,7 menit busur (0,96 derajat) serta posisi Aldebaran berada di sebelah selatan (kanan) Venus.

13 Juli: Apogee Bulan

Bulan dengan bulan. Peristiwa ini terjadi ketika sebuah bulan yang mengorbit bulan. Banyak sebutan untuk peristiwa ini, seperti moonmoon, submoons, moonitos, grandmoons, moonettes dan moooon. Bulan dengan bulan. Peristiwa ini terjadi ketika sebuah bulan yang mengorbit bulan. Banyak sebutan untuk peristiwa ini, seperti moonmoon, submoons, moonitos, grandmoons, moonettes dan moooon.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X