Gempa 6,1 Magnitudo Guncang Jepara, Berikut Analisis BMKG

Kompas.com - 07/07/2020, 08:22 WIB
Tangkapan layar unggahan dari BMKG soal gempa bumi yang berpusat di Jepara, Jawa Tengah pada Selasa (7/7/2020) sekitar pukul 05.54 WIB. TWITTERTangkapan layar unggahan dari BMKG soal gempa bumi yang berpusat di Jepara, Jawa Tengah pada Selasa (7/7/2020) sekitar pukul 05.54 WIB.

KOMPAS.com - Gempa bumi berkekuatan 6,1 magnitudo mengguncang Jepara, Jawa Tengah dan sekitarnya pada Selasa (7/7/2020) pukul 05.54 WIB.

Gempa tersebut tak berpotensi tsunami.

Hal itu ditekankan oleh Kepala Pusat Gempa bumi dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono kepada Kompas.com, Selasa (7/7/2020).

Oleh karena itu, pihaknya meminta masyarakat agar tetap tenang dan tidak panik. 

"Kepada masyarakat diiimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," kata dia.

Baca juga: Mengenang 14 Tahun Gempa Yogyakarta dan Solidaritasnya untuk Bangkit

Selain itu, juga diharap untuk menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa bumi yang sebelumnya terjadi.

Triyono meminta masyarakat untuk selalu memeriksa dan memastikan bangunan tempat tinggalnya cukup tahan dengan guncangan gempa bumi.

"Ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah," katanya lagi.

Selain itu, Triyono menjelaskan untuk selalu meng-update informasi resmi terkait gempa terutama hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi.

Misalnya, Instagram dan Twitter di @infoBMKG, website di http://www. bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id, dapat pula melalui Mobile Apps IOS dan Android: wrs-bmkg atau infobmkg.

Baca juga: Viral Langit Merah di Muaro Jambi, Ada Apa?

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X