WHO Akan Tinjau Hasil Uji Coba Obat Virus Corona dalam Dua Minggu

Kompas.com - 04/07/2020, 20:02 WIB
Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus Shutterstock/Alexandros MichailidisDirektur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus

KOMPAS.com – Organisasi Kesehatan Dunia ( WHO) akan melihat hasil sementara pada uji coba obat yang disebut berpotensi untuk virus corona.

Obat yang tengah diujicobakan dalam program “Solidarity Trial” tersebut diharapkan dapat dilihat hasilnya dalam dua minggu ke depan.

"Kelompok itu meninjau data dari uji coba solidaritas dan menyetujui perlunya lebih banyak uji coba untuk menguji berbagai kelas terapi pada berbagai tahap penyakit," kata Direktur Jenderal WHO Dr. Tedros Adhanom Ghebreyesus sebagaimana dikutip dari ABCNews, Sabtu (4/7/2020).

Ia mengatakan, saat ini hampir 5.500 pasien di 39 negara yangikut dalam solidarity trial.

“Kami mengharapkan, hasil sementara dua mingu ke depan,” tambah Tedros.

Solidarity trial dimulai dengan studi terhadap lima kandidat obat yakni hydroxychloroquine, remdesivir, lopinavir/ritonavir, serta gabungan lopinavir/ritonavir dan interferon.

Meski demikian, pada 17 Juni 2020, WHO mengumumkan bahwa penggunaan hydroxychloroquine untuk solidarity trial dihentikan

Kelompok eksekutif persidangan dan penyelidik utama WHO membuat keputusan berdasarkan bukti percobaan bahwa pemulihan Inggris menunjukkan HCQ tidak menghasilkan pengurangan mortalitas pasien Covid-19 yang dirawat di rumah sakit jika dibandingkan standar perawatan yang ada.

Kepala Program Kedaruratan WHO Dr. Mike Ryan menilai tidak bijaksana untuk memprediksi kapan vaksin diluncurkan.

"Vaksin mungkin telah menunjukkan kemanjuran pada akhir tahun ini. Pertanyaannya adalah apakah skala produksi vaksin itu akan cukup bagi kita untuk mulai memvaksinasi orang pada awal tahun 2021," kata dia.

Baca juga: Perkembangan Terkini Vaksin Virus Corona: Indonesia, China, hingga India

Halaman:
Baca tentang

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X