Apa Itu TTN pada Bayi yang Dialami Anak Kelima Zaskia Adya Mecca?

Kompas.com - 04/07/2020, 17:51 WIB
Zaskia Adya Mecca didamping Hanung Bramantyo saat kisahkan kehamilan kelimanya YouTube The BramantyosZaskia Adya Mecca didamping Hanung Bramantyo saat kisahkan kehamilan kelimanya

KOMPAS.com - Pasangan artis Zaskia Adya Mecca dan Hanung Bramantyo tengah berbahagia dengan kelahiran anak kelimanya, Bhaj Kama Bramantyo.

Akan tetapi ada kesedihan juga yang menyelimuti kelahiran anak tersebut. Zaskia mengatakan anaknya mengalami gangguan pernapasan sesaat setelah lahir, yaitu TTN.

Mereka harus dipisahkan sementara waktu. Itu merupakan pertama kalinya Zaskia dipisahkan dengan anaknya setelah menjalani proses persalinan.

Apa itu TTN? Dilansir Stanford Childrens, TTN yang merupakan singkatan dari Transient Tachypnea of the Newborn adalah gangguan pernapasan ringan.

Transient artinya 'berumur pendek' (short-lived), sedangkan tachypnea memiliki arti 'pernapasan cepat.'

Kabar baiknya, masalah itu bisa hilang tanpa perawatan dalam 3 hari atau kurang dari itu.

Sebagian besar bayi sembuh total dan tidak memiliki efek abadi pada pertumbuhan atau perkembangan anak.

Baca juga: Zaskia Adya Mecca Curhat Harus Berpisah dari Bayinya Setelah Melahirkan

Penyebab TTN

Dilansir Kids Health, sebelum lahir, janin yang sedang berkembang tidak menggunakan paru-paru untuk bernapas. Oksigen didapatkan dari pembuluh darah plasenta.

Selama itu, paru-paru bayi dipenuhi dengan cairan. Ketika waktu kelahiran bayi semakin dekat, paru-paru mulai menyerap cairan. Beberapa cairan juga bisa keluar selama kelahiran saat bayi melewati jalan lahir.

Setelah melahirkan, saat bayi bernafas untuk pertama kalinya, paru-paru terisi udara dan lebih banyak cairan dikeluarkan.

Halaman:

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X