Riset: Antibodi pada Kera Diteliti untuk Hadapi Gelombang Kedua Corona

Kompas.com - 04/07/2020, 16:05 WIB
Ilustrasi vaksin virus corona, vaksin Covid-19 ShutterstockIlustrasi vaksin virus corona, vaksin Covid-19

KOMPAS.com - Sebuah studi baru menemukan bahwa kera memiliki peningkatan antibodi dan respon imun 28 hari setelah infeksi awal virus corona

Penelitian ini dinilai bermanfaat untuk melihat hasil diuji coba dan mengetahui seperti apa kekuatan antibodi dalam menghadapi gelombang kedua virus corona.

Dilansir dari SCMP, (4/7/2020), studi ini dilakukan oleh tim dari Peking Union Medical College, Beijng, China. Mereka menemukan bahwa kera rhesus yang terinfeksi kembali dengan penyakit Covid-19 menunjukkan adanya peningkatan antibodi penetralisir dan respons imun.

Studi yang diterbitkan dalam Science pada Kamis (2/7/2020) mengungkapkan, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menentukan berapa lama perlindungan ini akan berlangsung dan bagaimana mekanisme perlindungan yang mungkin bekerja juga pada tubuh manusia.

Diketahui, dalam penelitian tersebut mereka menguji coba pada empat kera di mana spesies ini yang sering digunakan dalam percobaan karena kesamaan genetiknya dengan manusia.

Kera-kera tersebut diinfeksi oleh virus dan kemudian diinfeksi kembali pada 28 hari kemudian.

Sementara keempatnya meunjukkan peningkatan suhu yang singkat, namun hewan tersebut tidak menunjukkan gejala atau infeksi lainnya.

"Hasilnya menunjukkan bahwa paparan SARS-CoV-2 primer melindungi terhadap infeksi ulang berikutnya pada kera rhesus," ujar salah satu ilmuwan.

"Namun, kami masih memerlukan waktu untuk menjelaskan mekanisme perlindungan terhadap SARS-CoV-2 mengenai antibodi penetralisir atau peran imunologis lainnya," lanjut dia.

Baca juga: Kasus Virus Corona Capai 11 Juta Kasus di Seluruh Dunia, Begini Pola Peningkatannya...

Peningkatan antibodi terhadap respons virus

Studi ini juga menemukan peningkatan bertahap dalam antibodi spesifik untuk virus pada monyet. Empat belas hari setelah infeksi primer, mereka memiliki tingkat yang lebih tinggi daripada yang mereka lakukan tiga hari kemudian, dan ini meningkat lebih lanjut setelah 21 hari.

Halaman:

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X