INFOGRAFIK: Fakta Titik Aphelion

Kompas.com - 04/07/2020, 15:35 WIB
Fakta Titik Aphelion KOMPAS.com/Akbar Bhayu TamtomoFakta Titik Aphelion

KOMPAS.com - Fenomena langit akan terjadi pada Sabtu (4/7/2020) petang ini. Yaitu ketika Bumi akan berada pada titik Aphelion pada Sabtu (4/7/2020) sekitar pukul 18.34 WIB.

Apa itu titik Aphelion?

"Aphelion itu posisi Bumi terjauh saat perputarannya mengitari Matahari dalam setahun," kata Kepala Bidang Diseminasi Pusat Sains Antariksa Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional ( LAPAN) Emanuel Sungging saat dihubungi Kompas.com, Jumat (3/7/2020).

Mengutip Britannica, ketika Bumi berada di aphelion-nya pada awal Juli, jaraknya sekitar 4.800.000 km lebih jauh dari matahari daripada saat perihelion-nya pada awal Januari.

Fenomena ini dapat dilihat dengan teleskop berfilter. Matahari akan terlihat lebih kecil dibandingkan pada saat-saat normal.

Beberapa pertanyaan muncul saat Bumi berada dalam titik terjauh dari titik perputarannya. Apakah dampaknya? Apakah suhu akan lebih dingin? 

 

Selengkapnya mengenai Aphelion dapat disimak dalam infografik berikut ini: 

 

KOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo Infografik: Fakta Titik Aphelion


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X