Ini Perkembangan Terbaru Inggris soal Karantina dan Pembatasan Perjalanan

Kompas.com - 04/07/2020, 05:42 WIB
Ilustrasi Inggris ThinkstockIlustrasi Inggris

KOMPAS.com - Pemerintah Inggris mengubah kebijakan terkait karantina 14 hari dan pembatasan perjalanan yang selama ini diterapkan sebagai langkah pencegahan penularan virus corona.

Per 10 Juli 2020, Pemerintah Inggris akan mencabut peraturan karantina 14 hari bagi warga Inggris yang mengunjungi Spanyol, Italia, Perancis, dan Jerman. 

Dilansir dari The Guradian, Jumat (3/7/2020), pembatasan perjalanan untuk 60 negara dan wilayah lain juga akan dicabut.

Menurut Sekretaris Transportasi Inggris, Grant Shapps, kebijakan ini diambil sebagai langkah besar dibukanya kembali Inggris.

Namun, ada sejumlah hal yang perlu diumumkan lebih lanjut sebelum kebijakan ini diterapkan pada pekan depan. 

Perdana Menteri Skotlandia Nicola Sturgeon mengatakan Skotlandia belum diajak berbincang soal ini lebih jauh.  

Peraturan khusus Inggris tersebut dinilai membutuhkan kejelasan lebih lanjut mengenai apa yang akan terjadi pada seseorang yang tiba di bandara Inggris tanpa perlu mengisolasi diri.

Pertanyaan soal ini di antaranya apa yang harus dilakukan jika orang tersebut melakukan perjalanan ke rumah mereka di Skotlandia atau Wales, di mana pembatasan mungkin masih berlaku.

Pengumuman itu muncul ketika aturan karantina Pemerintah Inggris dicap sebagai "kegagalan" oleh serikat pekerja karena karantina berisiko menempatkan pekerja di industri perjalanan dalam bahaya. 

"Peraturan karantina pemerintah telah menjadi kegagalan sejak awal," ujar Sekretaris Jenderal Perhimpunan Staf Gaji Transportasi Inggris, Manuel Cortes.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X