BMKG Ingatkan Gelombang Tinggi 4-6 Meter, Ini Wilayah yang Harus Waspada

Kompas.com - 02/07/2020, 14:53 WIB
Peringatan dini gelombang tinggi BMKG, 2-3 JUli 2020. BMKGPeringatan dini gelombang tinggi BMKG, 2-3 JUli 2020.

KOMPAS.com – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika ( BMKG) menyampaikan Peringatan Dini Gelombang Tinggi di sejumlah perairan di Indonesia pada 2-3 Juli 2020.

Peringatan tersebut juga disampaikan dalam akun resmi BMKG @infobmkg

“PERINGATAN DINI GELOMBANG TINGGI. Sejumlah wilayah perairan terutama di selatan pulau Jawa, Bali dan Nusa Tenggara , serta sebelah barat Sumatera berpeluang terjadi gelombang laut setinggi 4-6 meter. Harap waspada dan perhatikan anjuran,” tulis BMKG.

Penyebab gelombang tinggi

Saat dikonfirmasi, Kepala Pusat Meteorologi Maritim BMKG Eko Prasetiyo mengatakan, gelombang tinggi dapat terjadi akibat adanya perbedaan tekanan udara yang mengakibatkan adanya pergerakan angin.

Angin bergerak dari tekanan tinggi ke rendah.

Saat ini, tekanan tinggi terjadi di Benua Australia. Sementara, tekanan rendah di Asia dan Barat Daya Asia.

“Sehingga (angin) ada yang menerobos dari tenggara ke barat laut dan juga ada yang berbelok ke barat daya. Hal ini membuat angin memacu di Samudra Hindia, jadi di situlah gelombang tinggi terjadi,” kata Eko saat dihubungi Kompas.com ,Kamis (2/7/2020).

Ia mengatakan, wilayah perlu mewaspadai adanya gelombang setinggi 4-6 meter adalah di perairan barat Kepulauan Mentawai hingga sebelah selatan Jawa dan selatan Nusa Tenggara.

Adapun daerah yang berpotensi mengalami ketinggian gelombang setinggi 2,5 hingga 4 meter  juga perlu waspada karena kondisi perairan tidak kondusif.

Eko menjelaskan, gelombang tinggi ini tak akan memberikan dampak seperti ketika terjadinya gelombang saat tsunami. Gelombang juga tak akan menyebabkan terjadinya rob.

Halaman:

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X