Viral Unggahan soal Lagu Yamko Rambe Yamko, Ini Berbagai Versi Asal Muasalnya

Kompas.com - 02/07/2020, 12:44 WIB
Tangkapan layar twit yang viral soal lagu Yamko Rambe Yamko bukan dari Papua TwitterTangkapan layar twit yang viral soal lagu Yamko Rambe Yamko bukan dari Papua

KOMPAS.com - Lagu Yamko Rambe Yamko baru-baru ini ramai menjadi perbincangan warganet.

Terlebih dalam sebuah unggahan di media sosial Twitter dari akun @PapuaItuKita mengunggah twit yang mempertanyakan asal muasal lagu tersebut.

"Lagu Yamko Rambe Yamko, lagu daerah Irian Jaya/Papua. Artis besar sampai anak sekolah menyanyi lagu itu. Coba cek tanya ke orang Papua itu lagu dari Papua mana, bahasa Papua mana? orang Papua tidak tau & tidak mengakui itu sebagai lagu daerah. Siapa Paksa jadi lagu Papua?" tulis PapuaItuKita.

Baca juga: Viral Unggahan soal Tanda-tanda Stroke Dikira Kesurupan, Ini Penjelasan Dokter...

Hingga Rabu (1/7/2020) sore, twit itu sudah dibagikan ulang lebih dari 5.500 kali dan disukai lebih dari 13.900 kali.

Baca juga: Viral, Video Kolam Renang di Bogor Dijadikan Tempat untuk Ternak Lele

Penelusuran Kompas.com

Dalam Harian Kompas, Minggu (12/5/2020) lagu Yamko Rambe Yamko disebut sebagai lagu yang tidak diketahui pengarangnya atau anonim. Selain itu ada lagu Kicir-kicir, O Ulate, atau Hela Rotane.

Meski demikian,Yamko Rambe Yamko sangat familiar di telinga masyarakat Indonesia dan bahkan kerap dibawakan di ajang-ajang perlombaan Internasional.

Dilansir Kompas.com, (10/7/2016) paduan suara anak Indonesia, The Resonanz Children's Choir (TRCC), berhasil menjadi juara umum (Winner of Grand Prix) dalam Claudio Monteverdi International Choral Festival and Competition di kota Venezia, Italia pada 7-10 Juli 2016 silam.

Lagu yang dibawakan adalah lagu Yamko Rambe Yamko dan lagu Tancnota karya komposer Hungaria Zoltán Kodály.

Mereka mendapat penghargaan berupa juara umum (Winner of Grand Prix), juara pertama untuk kategori Children's and Youth Choir, dan Gold Diploma Level II.

Baca juga: Mengenang Habibie, dari Dunia Dirgantara hingga Kecamannya terhadap Musik Rap

Pendapat pelaku seni

Dosen tari Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Tanah Papua Jefri Zeth Nendissa menjelaskan bahwa asal muasal Yamko Rambe Yamko sebenarnya sudah dipertanyakan sejak lama, bahkan sejak tahun 70-an.

HOAKS ATAU FAKTA?

Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini

closeLaporkan Hoaks checkCek Fakta Lain
Halaman:

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X