Wacana Premium dan Pertalite Dihapus, Ini 5 Negara dengan Harga BBM Paling Murah di Dunia

Kompas.com - 01/07/2020, 11:51 WIB
Pertamina berkomitmen untuk terus perluas akses bahan bakar minyak (BBM) hingga ke pelosok negeri untuk memenuhi kebutuhan energi masyarakat Indonesia (Dok. Pertamina) Pertamina berkomitmen untuk terus perluas akses bahan bakar minyak (BBM) hingga ke pelosok negeri untuk memenuhi kebutuhan energi masyarakat Indonesia

KOMPAS.com - Jenis Bahan Bakar Minyak ( BBM) Pertalite dan Premium rencananya akan dihapuskan dari penjualan oleh PT Pertamina (Persero).

Hal itu lantaran keduanya memiliki angka oktan rendah sehingga dinilai tidak ramah lingkungan.

Isu penghapusan penjualan kedua jenis BBM tersebut tentu saja membuat masyarakat khawatir.

Pasalnya, kedua jenis BBM tersebut memiliki harga yang relatif terjangkau dan menjadi pilihan utama mayoritas masyarakat Indonesia.

Namun, meski harga Pertalite dan Premium terbilang cukup murah, tetapi ada sejumlah negara yang tercatat menjual BBM jauh lebih murah dibanding di Indonesia.

Data dari Global Petrol Prices, 29 Juni 2020, menunjukkan ada sejumlah negara yang menjual BBM dengan harga lebih rendah dibanding harga BBM di Indonesia.

Baca juga: Pakai BBM Oktan Tinggi Tak Selamanya Baik buat Mesin

Daftar 5 negara dengan harga BBM termurah

Berikut adalah 5 negara dengan harga BBM paling murah di dunia:

1. Venezuela

Venezuela berada di posisi pertama sebagai negara yang menjual BBM dengan harga termurah. Satu liter BBM di Venezuela dijual dengan harga Rp 286.

2. Iran

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X