WHO Kirim Tim Kedua ke China untuk Penyelidikan Asal Virus Corona

Kompas.com - 30/06/2020, 18:47 WIB
Ilustrasi virus corona, Covid-19 ShutterstockIlustrasi virus corona, Covid-19

KOMPAS.com – Jumlah kasus virus corona sampai dengan hari ini masih terus bertambah bahkan angka terkonfirmasi ada sebanyak 10 juta kasus.

Organisasi Kesehatan Dunia ( WHO) pun mengumumkan akan mengirimkan kembali timnya ke China guna penyelidikan asal virus tersebut.

“Kita dapat melawan virus dengan lebih baik ketika kita mengetahui segalanya tentang virus, termasuk bagaimana virus itu dimulai,” kata Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus sebagaimana dikutip dari SCMP Selasa (30/6/2020).

Pengumuman tersebut muncul setelah enam bulan usai China memberitahu WHO mengenai adanya wabah Covid-19 yang saat itu disebut sebagai kasus pneumonia misterius.

Terkait dengan kunjungannya ke China pihaknya belum merinci siapa saja yang akan bergabung dalam kunjungan itu.

Baca juga: WHO soal Pandemi Virus Corona: Situasi Buruk Ini Belum Akan Berakhir

Misi gabungan WHO-China

Sebelumnya misi gabungan WHO-China dilakukan pada Februari 2020 dengan 25 spesialis medis dari WHO, perwakilan tujuh negara, Hong Kong dan pakar China.

Dalam kunjungan kali kedua ini, para ahli merasa skeptis nantinya penyelidikan WHO akan memberikan wawasan baru.

“Ini seperti mencari jarum dalam tumpukan jerami,” kata ahli epidemiologi hewan Dirk Pfeiffer seorang Profesor dari Universitas Hongkong.

Dia menyatakan, misi WHO adalah perspektif tambahan, bukan tentang melakukan sesuatu yang lebih baik (daripada para peneliti China).

"Ini tentang pandangan lain mengenai apa yang mereka telah lakukan dan apa yang telah mereka temukan serta bagaimana mereka menafsirkannya,” lanjut dia.

Baca juga: Korban Meninggal Covid-19 Lebih dari 500.000, WHO: Wabah Belum Berakhir

Halaman:

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X