Perlukah Regulasi Khusus untuk Sepeda?

Kompas.com - 30/06/2020, 06:30 WIB
Ilustrasi bersepeda di Denmark. Denmark.dkIlustrasi bersepeda di Denmark.

KOMPAS.com - Masyarakat saat ini banyak memilih bersepeda sebagai alternatif untuk menerapkan gaya hidup sehat di masa pandemi Covid-19.

Sebab virus corona banyak disebut rentan menyerang seseorang yang tak memiliki imuntias tubuh yang kuat, sehingga masyarakat berlomba-lomba menjaga tubuh tetap sehat. 

Jumlah penjualan sepeda pun mengalami lonjakan. Beberapa unggahan warganet bahkan menunjukkan para pembeli antre di toko-toko sepeda, sebuah pemandangan yang terbilang langka.

Sayangnya, peningkatan tren bersepeda itu tak diimbangi dengan kesadaran untuk mematuhi lalu lintas ketika berada di jalanan.

Mereka pun kerap mendapat kritikan karena tak patuh lalu lintas dan bergerombol memenuhi jalan hingga membahayakan pengendara lain.

Baca juga: Booming di Seluruh Dunia karena Corona, Ini Tren Penjualan Sepeda Saat Ini

Imbauan dan jalur sepeda

Agar tidak terjadi hal-hal yang diinginkan, perlukah pemerintah membuat aturan khusus untuk sepeda?

Pendiri Brompunk, sebuah social movement untuk membuat aktivitas bersepeda lestari, Debyo Surya Setiyawan mengatakan menurut dia pemerintah belum perlu mengeluarkan aturan khusus sepeda.

Dibandingkan dengan mengeluarkan aturan, Debyo lebih memilih kampanye tertib lalu lintas dan imbauan kepada para pesepeda.

"Aturan khusus belum perlu menurut saya, tapi yang penting adalah kampanye tertib lalu lintas dan imbauan-imbauan secara rutin," kata Debyo kepada Kompas.com, Senin (29/6/2020).

Selain itu, dia juga berharap agar pemerintah menyediakan jalur khusus pesepeda dan kantung parkir yang aman dan aman.

Baca juga: Berikut Jenis-jenis dan Tips Membeli Sepeda, Simak Agar Tak Menyesal

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X