Kompas.com - 29/06/2020, 12:51 WIB

KOMPAS.com - Jumlah kasus dan korban jiwa akibat penyebaran wabah virus corona masih terus terjadi di berbagai negara di dunia. Kasus-kasus baru masih dilaporkan setiap harinya.

Melansir data dari laman Worldometers, jumlah kasus virus corona di dunia hingga kini telah mencapai 10.101.998 (10,1 juta) kasus hingga Minggu (28/6/2020) sore.

Dari angka tersebut, terjadi lebih dari 500.000 kasus kematian dan lebih dari 5 juta pasien dinyatakan sembuh.

Baca juga: Jenis Virus Corona di Indonesia Disebut Tak Masuk Kategori yang Ada di Dunia, Ini Penjelasan Eijkman

Lantas, apa pertanda yang dapat dibaca dari jumlah total kasus ini dan kemunculan kasus-kasus baru yang masih terjadi secara global?

Masih jauh dari akhir pandemi

Menurut Epidemolog dari Griffith University Australia, Dicky Budiman, secara global, kondisi saat ini menunjukkan bahwa pandemi masih jauh dari akhir.

"Salah satunya terlihat dari kasus yang terus meningkat tajam, terutama data kasus baru ini didapat dari negara-negara dengan kapasitas strategi testing yang bagus," kata Dicky saat dihubungi Kompas.com, Minggu (28/6/2020).

Baca juga: Jokowi Minta Jatim Turunkan Kasus Covid-19 dalam Dua Minggu, Bisakah? Ini Kata Epidemiolog

Halaman:
Baca tentang

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.