Viral Unggahan soal Tanda-tanda Stroke Dikira Kesurupan, Ini Penjelasan Dokter...

Kompas.com - 28/06/2020, 17:05 WIB
Tangkapan layar di Twitter terkait unggahan gejala stroke yang dikira kesurupan. TwitterTangkapan layar di Twitter terkait unggahan gejala stroke yang dikira kesurupan.
Penulis Tim Cek Fakta
|
EditorTim Cek Fakta

KOMPAS.com – Sebuah unggahan yang menceritakan tentang seseorang yang disebut kesurupan akan tetapi ternyata stroke, viral di media sosial Twitter pada Jumat (26/6/2020).

Postingan tersebut diunggah oleh akun Twitter @innamisme.

Ada tetangga katanya kesurupan dari tadi malam ga sadar2, penasaran kutengok, lah itu mah tanda2 stroke, balik lagi ke rumah ambil tensi bener aja tensinya 210/150, skrg udh di RS hamdallah,” cerita @innamisme dalam akun Twitter-nya.

Baca juga: Viral Video Kecelakaan Tunggal di Tol Pemalang-Batang, Mobil Ditembus Besi Pembatas Jalan

Baca juga: Viral, Video Kolam Renang di Bogor Dijadikan Tempat untuk Ternak Lele

Lantas mungkinkah kesurupan dapat menjadi penanda seseorang terkena stroke?

Penjelasan dokter

Dokter Rahadian Indarto Susilo dari Departemen Bedah Saraf Fakultas Kedokteran (FK) Unair menjelaskan stroke merupakan gangguan aliran darah ke otak.

Pada stroke, aliran darah tersebut tersumbat, kemudian bisa menjadi pecah.

Adapun, kondisi yang berhubungan dengan tekanan darah seseorang yang tinggi umumnya merupakan kondisi stroke pendarahan.

"Karena tekanan darah tinggi maka pembuluh darah otak pecah. Apalagi kalau dia punya riwayat lain misal kencing manis, darah tinggi lama yang tak terkontrol, maka kualitas pembuluh darah jadi jelek," ujarnya saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (27/6/2020).

Baca juga: Viral, Unggahan Diagnosis Berkode CVD Dikira Covid-19, Ini Penjelasan Dokter

Ketika pembuluh darah pecah, maka efek yang ditimbulkan tergantung dari masing-masing lokasi.

"Kalau misal lokasi di area permukaan, bisa jadi orangnya kejang. Nah kejang ini gerakannya tak terkontrol, mungkin ini yang dibilang kesurupan," terang Rahadian.

HOAKS ATAU FAKTA?

Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini

closeLaporkan Hoaks checkCek Fakta Lain
Halaman Selanjutnya
Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X