Bisa Tidur 20 Jam Sehari, Koala Penuhi Konsumsi Air dengan Cara Ini...

Kompas.com - 28/06/2020, 14:25 WIB
Koala menjilati batang pohon eucalyptus untuk mendapatkan air. sciencealertKoala menjilati batang pohon eucalyptus untuk mendapatkan air.

KOMPAS.com - Sebuah studi tentang hewan koala menunjukkan, hewan marsupial asal Australia ini ternyata jarang sekali minum. 

Ia juga memanfaatkan pohon tidak hanya untuk tempat tinggal, mencari makanan dan istirahat, tetapi juga untuk air minum.

Setelah makan, koala tidur. Dalam sehari, koala bisa tidur sampai 20 jam.

Dilansir dari situs The University of Sydney, (3/5/2020), sebuah penelitian yang diterbitkan di jurnal Ethology mengklaim telah menangkap perilaku minum koala di alam liar untuk pertama kalinya.

Dalam jurnal tersebut, menunjukkan bagaimana hewan ini dapat minum dengan menjilati air mengalir di batang pohon saat hujan.

Peneltian ini dipimpin oleh Dr. Valentina Mella dari Fakultas Ilmu Kehidupan dan Lingkungan Universitas Sydney.

Mella mengungkapkan, penelitian ini menggunakan pengamatan cara minum koala yang dikumpulkan dari para ilmuwan warga, dan ahli ekologi independen pada medio 2006-2019.

Total ada 44 koala yang diteliti perilakunya. Ada koala yang tinggal di alam bebas, ada pula yang di penangkaran.

"Untuk waktu yang lama, kami pikir koala tidak perlu minum sama sekali karena mereka mendapatkan sebagian besar air yang mereka butuhkan untuk bertahan hidup di dedaunan permen karet yang mereka makan," ujar Mella.

Baca juga: Serba-serbi Hewan: Koala Puaskan Dahaga dengan Menjilati Batang Pohon

Daun Eucalyptus

Ilustrasi Koala.PIXABAY Ilustrasi Koala.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X