Kisah Penaklukan Pertama Everest, Gunung Tertinggi di Dunia

Kompas.com - 27/06/2020, 15:05 WIB
Keberhasilan Edmund Hillary (kiri) setelah mencapai puncak Everest BRITANNICAKeberhasilan Edmund Hillary (kiri) setelah mencapai puncak Everest

KOMPAS.com - Mendaki gunung adalah hobi yang banyak diminati. Merasakan hidup di atas awan dan menikmati jutaan bintang tanpa terganggu cahaya lampu dan gedung tinggi adalah pengalaman berharga yang sulit dilupakan.

Namun, tak semua orang bisa mencapai puncak gunung karena beberapa alasan, seperti cuaca dan kondisi tubuh yang tak memungkinkan.

Pendakian Everest, misalnya, beragam upaya telah dilakukan untuk menaklukkan "atap" bumi itu.

Pendakian pertama telah dilakukan pada 1921 oleh tim dari Inggris, tapi gagal mencapai puncak. Everest juga telah memukul mundur setidaknya sepuluh ekspedisi besar dan dua upaya pendakian solo.

Baca juga: Viral Gunung Sumbing Disebut Mengerikan karena Tertutup Awan Bertingkat

Ekspedisi Inggris

Pada musim semi 1953, Inggris kembali mengirim ekspedisi besar di bawah komando Kolonel John Hunt.

Dia membawa sejumlah pendaki ternama, seperti Edmund Hillary, George Lowe, Charles Evans, Tom Bourdillon, dan Tenzing Norgay.

Dilansir dari History, para pendaki menempuh jalur baru di Air Terjun Khumbu, melintasi Lhotse Face dan bergerak ke South Col yang berada pada ketinggian 26.000 kaki (7.924 meter).

Baca juga: Viral Langit Merah di Muaro Jambi, Ada Apa?

Pada 26 Mei, Charles Evans dan Tom Bourdillon melakukan manuver pertama untuk mencapai puncak.

Namun pada ketinggian 28.700 kaki (8.748 meter) atau 101 meter dari puncuk, mereka kelelahan dan salah satu set oksigen mereka tak berfungsi.

Keduanya pun sepakat untuk kembali. Bourdillon menyebut itu adalah keputusan yang selalu disesalinya.

Baca juga: Mencairnya Es di Greenland dan Risiko Banjir Tahunan...

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X