Cegah Penularan Covid-19, Ini 7 Tips Aman Gunakan Toilet Umum

Kompas.com - 27/06/2020, 12:29 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com - Memasuki era new normal, muncul rasa kekhawatiran bagi sejumlah orang. Hal ini dikarenakan kembali beraktivitasnya orang-orang dan juga potensi penggunaan fasilitas umum, misalnya toilet.

Toilet menjadi sarana umum yang rawan terkontaminasi bakteri atau virus, terutama virus corona jenis baru atau SARS-CoV-2.

Diketahui, virus ini dapat menular melalui droplet yang menempel di permukaan benda.

Agar tidak tertular virus, berikut sejumlah tips aman untuk menggunakan toilet di tempat umum.

Baca juga: Flush Toilet Bisa Sebarkan Virus ke Udara, Termasuk Covid-19

1. Menjaga jarak

Melansir CNN (23/6/2020), Badan Kesehatan Dunia (WHO) dan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) mengungkapkan bahwa virus corona dapat menular antar manusia dengan jarak yang berdekatan.

Jika dihubungkan dengan penggunaan toilet, seorang peneliti di Texas Policy Lab, Susan Amirian, mengatakan bahwa menjaga jarak dinilai sulit lantaran toilet umum cenderung ramai dengan orang-orang yang mengantre giliran.

Tetapi, ada beberapa fasilitas dari toilet umum yang menandai penggunaan wastafel menggunakan selotip. Hal ini dilakukan guna membuat orang agar tidak berdiri terlalu dekat satu sama lain.

Jika pada toilet umum tidak ada penanda untuk jaga jarak, Anda sebaiknya inisiatif untuk bergeser agak jauh dari orang lain atau menghindari kerumunan.

Baca juga: Menko PMK Ingatkan Masyarakat Jaga Jarak Saat di Pasar

2. Pakai masker

Halaman:

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X