Lebih dari 100 Orang di India Tersambar Petir, Ini Dampaknya pada Tubuh

Kompas.com - 26/06/2020, 15:33 WIB
Ilustrasi sambaran petir ThinkstockIlustrasi sambaran petir

KOMPAS.com - Selain menghadapi ancaman bahaya virus corona, India juga mengantisipasi bahaya sambaran petir yang telah menewaskan tidak sedikit orang. 

Sedikitnya 107 orang tewas akibat sambaran petir di wilayah India utara dan timur, selama fase awal musim hujan tahunan ini.

Sekitar 83 orang tewas di negara bagian Bihar, dan 24 lainnya tewas di negara bagian Uttar Pradesh.

Jumlah kasus tertinggi

Melansir The Guardian, sambaran petir selama musim hujan di bulan Juni-September cukup sering terjadi di India.

Namun, Menteri Manajemen Bencana Bihar, Lakshmeshwar Rai, mengatakan fenomena ini adalah salah satu yang tertinggi yang pernah dicatat negara dalam beberapa tahun terakhir.

Rai memperingatkan korban tewas bisa meningkat lebih lanjut karena pemerintahnya masih menunggu laporan korban dari wilayah lain.

Sementara itu, menurut kantor Departemen Meteorologi India, hujan deras diperkirakan akan melanda Bihar pada hari Jumat dan Sabtu.

Di Uttar Pradesh, sebagian besar kematian dilaporkan di distrik Deoria dekat dengan perbatasan Nepal, dan kota suci Prayagraj.

Baca juga: Rahasia Alam Semesta: Muncul Petir Saat Gunung Api Meletus, Fenomena Apa itu?

Perdana Menteri Narendra Modi pada Kamis malam mengucapkan ungkapan belasungkawa melalui Twitter kepada keluarga para korban, ia menambahkan bahwa kedua pemerintah negara bagian sedang melakukan proses pemulihan.

Lebih dari 2.300 orang meninggal oleh kilat di India pada tahun 2018 menurut catatan Nasional.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X