Firli Dilaporkan ke Dewas karena Dugaan Bergaya Hidup Mewah, Bagaimana Kode Etik KPK?

Kompas.com - 25/06/2020, 15:02 WIB
Ketua KPK Firli Bahuri menumpangi helikopter dalam perjalanannya di Sumatera Selatan, Sabtu (20/6/2020). Dokumentasi/MAKIKetua KPK Firli Bahuri menumpangi helikopter dalam perjalanannya di Sumatera Selatan, Sabtu (20/6/2020).

KOMPAS.com - Masyarakat Antikorupsi Indonesia (MAKI) melaporkan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK) Firli Bahuri ke Dewan Pengawas KPK karena diduga melanggar kode etik.

Menurut Koordinator MAKI Boyamin Saiman, Firli diduga bergaya hidup mewah karena menggunakan helikopter milik perusahaan swasta.

Saat itu, Firli dalam perjalanan untuk kepentingan pribadinya dari Palembang ke Baturaja.

Menurut MAKI, Firli diduga melanggar salah satu poin Kode Etik KPK yang melarang menunjukkan gaya hidup hedonisme.

Sebelum MAKI melaporkan ke Dewas KPK, Indonesia Corruption Watch (ICW) juga meminta Dewas memanggil Firli untuk mendalami dugaan pelanggaran tersebut.

Baca juga: Tak Pakai Masker hingga Naik Helikopter, Firli Diadukan ke Dewas KPK

Bagaimana sebenarnya Kode Etik KPK?

Dalam Peraturan Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2020 tentang Kode Etik dan Pedoman Perilaku Komisi Pemberantasan Korupsi disebutkan adanya lima nilai dasar yang harus dianut.

Kelima nilai dasar tersebut adalah:

  • Integritas
  • Sinergi
  • Keadilan
  • Profesionalisme, dan
  • Kepemimpinan.

Nilai dasar itu memuat serangkaian pedoman perilaku yang dijadikan acuan bagi seluruh personel di KPK dalam berpikir, bertutur bersikap, dan berperliaku.

Integrasi disebut sebagai sebuah kesatuan antara pola pikir, perasaan, ucapan, dan perilaku yang selaras dengan hati nurani dan norma yang berlaku dalam KPK.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X