Ramai soal Air Rebusan Pare untuk Obati Kolesterol, Ini Penjelasan Dokter

Kompas.com - 23/06/2020, 11:15 WIB
Tangkapan layar video pembuatan larutan dari air rebusan pare dengan larutan obat merah yang beredar di WhatsApp pada Senin (22/6/2020). WhatsAppTangkapan layar video pembuatan larutan dari air rebusan pare dengan larutan obat merah yang beredar di WhatsApp pada Senin (22/6/2020).

KOMPAS.com - Sebuah video yang menampilkan seseorang tengah membuat ramuan dari air rebusan pare yang nantinya akan dicampur dengan campuran air dan obat merah untuk membuktikan khasiat sebagai obat kolesterol ramai beredar di WhatsApp pada Senin (22/6/2020).

Dalam video berdurasi 2 menit 27 detik itu, terlihat dua irisan pare dimasukkan dalam gelas dan ditambahkan air lalu kemudian direbus.

Selanjutnya, pada gelas lainnya, orang tersebut membuat larutan air dengan beberapa tetesan obat merah yang nantinya disebutkan sebagai racun dalam tubuh.

Baca juga: Viral soal Unggahan Toilet, Mana yang Lebih Sehat Toilet Duduk atau Jongkok?

Setelah menyiapkan barang yang diperlukan, larutan air merah yang pekat warnanya dicampur dengan air rebusan pare.

Hasilnya, air pekat tersebut berubah warna menjadi bening.

Adapun orang dalam video menyebutkan bahwa dengan percobaan yang dilakukan, disimpulkan bahwa air rebusan pare dapat menetralisir racun dalam tubuh, dan juga dapat menurunkan kolesterol.

Tak hanya itu, percobaan serupa juga dilakukan dan diunggah oleh akun Facebook bernama Irana Putri Wati pada 1 Agustus 2018 lalu.

Baca juga: Viral Temuan Buah Petai Raksasa di Banjarnegara, Ini Penjelasan BKSDA

Irana juga menganjurkan kepada warganet untuk mengonsumsi air rebusan tersebut pada pagi dan malam hari.

Dari unggahan itu, salah satu pengguna Facebook berkomentar bahwa air rebusan pare dapat menjadi obat kolesterol tinggi.

Hingga kini, unggahan tersebut telah direspons sebanyak 194 kali dan telah dibagikan sebanyak 247 kali oleh pengguna Facebook lainnya.

Baca juga: Ramai soal Clindamycin Phosphate Disebut Ampuh Obati Jerawat, Ini Penjelasan Dokter

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X