Mengenal Rule of 20 untuk Atasi Mata Lelah

Kompas.com - 23/06/2020, 10:45 WIB
Ilustrasi Work From Home DOK. PRIBADIIlustrasi Work From Home

KOMPAS.com - Bagi masyarakat yang harus melakukan pekerjaannya di depan komputer, masa work from home (WFH) akibat pandemi Covid-19 memunculkan permasalahan tersendiri, khususnya terkait kesehatan mata.

Menatap layar komputer dalam jangka waktu lama memang bisa menyebabkan kelelahan, terlebih bagi mereka yang memiliki gangguan kesehatan mata.

Seperti yang diungkapkan di Twitter oleh akun @ntha26, ia bertanya tentang keamanan bekerja di depan komputer dalam waktu lama pada @ferdiriva, seorang dokter spesialis mata di JEC Eye Hospital.

Baca juga: Ramai soal Teknik Melihat Tulisan dan Gambar dengan Cara Menutup Satu Mata, Benarkah Demikian?

Baca juga: Menyoal Virus Corona, Disebut Berasal dari Hewan hingga Menular Lewat Mata

@ferdiriva kemudian menjelaskan tentang rule of 20, yakni pedoman tata cara untuk mengatasi mata yang lelah akibat menatap layar komputer/gawai terlalu lama.

Pedoman ini dilakukan dengan beberapa cara, pertama adalah memberi jeda 20 detik setiap 20 menit setelah melihat layar komputer/gawai.

Kemudian mengalihkan mata dengan melihat objek sejauh 20 kaki atau 6 meter, hal ini dimaksudkan agar mata tidak cepat lelah.

Baca juga: Mengenal Astigmatisme, Penyakit karena Bentuk Kornea Mata Tak Teratur

Halaman Selanjutnya
Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X