Kompas.com - 23/06/2020, 09:46 WIB
Dexamethasone (deksametason) merupakan obat pertama yang terbukti efektif mengurangi risiko kematian pada pasien Covid-19 dengan kondisi parah. SHUTTERSTOCK/MAXIM ERMOLENKODexamethasone (deksametason) merupakan obat pertama yang terbukti efektif mengurangi risiko kematian pada pasien Covid-19 dengan kondisi parah.

KOMPAS.com - Peringatan untuk penggunaan dexamethasone terhadap pasien Covid-19 kembali mengemuka. Kali ini datang dari negeri seribu larangan, Singapura.

Pasalnya steroid yang terkandung dalam dexamethasone diketahui menyebabkan efek berbahaya.

Direktur Klinis di Pusat Penyakit Menular Nasional Singapura, Shawn Vasoo menyatakan hal itu saat menanggapi pertanyaan dari Channel News Asia.

Pertanyaan itu menyinggung kepada para peneliti dari University of Oxford yang menemukan bahwa dexamethasone dianggap signifikan mengurangi risiko kematian pasien corona yang parah.

Baca juga: Dexamethasone Diklaim Ampuh untuk Covid-9, Ini Imbauan IDI

Temuan ini dipuji sebagai "terobosan besar" dalam memerangi penyakit, dengan obat murah yang biasanya digunakan untuk mengobati berbagai reaksi alergi, seperti rheumatoid arthritis dan asma.

Peneliti Inggris menemukan dosis harian steroid antiinflamasi dapat mencegah satu dari delapan kematian pasien dengan ventilator dan menyelamatkan satu dari 25 pasien yang membutuhkan oksigen saja.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Studi-studi yang sudah melaporkan temuan manfaat dalam pengobatan Covid-19 dilakukan tidak secara acak dan dibantu perawatan lainnnya," kata Vasoo.

"Secara historis, steroid juga diketahui menyebabkan efek buruk seperti superinfeksi bakteri atau jamur, pelajaran yang diambil dari wabah SARS 2003," ia menambahkan.

Baca juga: Deretan Obat yang Diklaim Efektif untuk Covid-19, dari Dexamethasone hingga Hidroksiklorokuin

Halaman:

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.