1.000 Orang Pekerja Rumah Potong Hewan di Jerman Positif Covid-19, 6.500 Orang Dikarantina

Kompas.com - 21/06/2020, 20:52 WIB
Ilustrasi virus corona (Covid-19) SHUTTER STOCKIlustrasi virus corona (Covid-19)

KOMPAS.com - Lebih dari 1.000 pekerja di perusahaan pemrosesan daging atau rumah potong hewan di Jerman, Toennies, dinyatakan positif terinfeksi virus corona jenis baru.

Akibatnya, otoritas kesehatan setempat segera memerintahkan 6.500 karyawan dan keluarganya melakukan karantina.

Mengutip Reuters, Minggu (21/6/2020), lockdown lokal adalah suatu kemunduran dalam strategi mempersiapkan pembukaan kembali Jerman.

Kanselir Jerman Angela Merkel sebenarnya lebih memilih mempertahankan aturan disiplin selama lockdown dalam waktu lebih lama.

Baca juga: Limbah Virus Corona: Lebih Banyak Masker daripada Ubur-ubur di Lautan

Namun, niat tersebut sirna setelah memutuskan harus melonggarkan pembatasan menyusul adanya tekanan berbagai pihak.

Meski Jerman menjadi salah satu negara yang dinilai sukses di Eropa dalam menangani wabah virus corona, sering kali virus corona menginfeksi rumah jagal yang pekerjanya merupakan migran yang tinggal di tempat yang padat dan disediakan oleh perusahaan.

Pemilik perusahaan daging, Clemens Toennies, mengatakan, wabah itu mengakibatkan krisis eksistensial untuk perusahaannya.

Dengan peristiwa ini, seluruh operasional perusahaan ditangguhkan hingga pihak berwenang mengendalikan wabah tersebut.

"Sebagai perusahaan, kami pikir kami telah melakukan segalanya dengan benar," kata Toennies.

Ia menambahkan, perusahaannya telah berusaha untuk mengumpulkan data pribadi karyawan dan kontraktor sehingga dapat dilakukan tracing.

Halaman:

Sumber Reuters
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X