Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dibanderol Harga Tinggi, Apa Keunggulan Sepeda Lipat?

Kompas.com - 21/06/2020, 10:03 WIB
Luthfia Ayu Azanella,
Sari Hardiyanto

Tim Redaksi

Baca juga: Selain Bulu Tangkis, Ini Olahraga yang Cocok untuk Anak Sesuai Usia

 

KOMPAS.com - Sepeda jenis lipat beberapa tahun ini tengah menjadi tren dan digandrungi sebagian masyarakat di dunia, termasuk di Indonesia.

Secara fungsi, sepeda ini sama saja dengan sepeda-sepeda konvensional lainnya, yakni membantu manusia untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lain dengan cara mengayuh tuas agar roda-roda sepeda berputar.

Namun jika dilihat secara fisik, sepeda dengan harga relatif lebih mahal dari sepeda biasanya ini terlihat berbeda.

Baca juga: Masih Perlukah Masker Saat Memakai Face Shield?

Sepeda lipat memiliki 2 roda yang ukurannya lebih kecil, dengan badan lebih rendah, dan bagian bawah stang yang lebih panjang. Sekilas hampir menyerupai skuter, namun ini sepeda yang tetap bisa dikayuh  untuk pengoperasiannya.

Berbicara tentang harga, berdasarkan pencarian dengan kata kunci "sepeda lipat" di salah satu platform belanja online, sepeda jenis ini dijual mulai dari Rp 1-28 juta, tergantung dari merek dan jenisnya.

Tak berhenti di situ, sepeda lipat juga ada yang harganya mencapai puluhan hingga ratusan juta rupiah untuk merek-merek tertentu.

Baca juga: Meninggal karena Menggunakan Masker Saat Olahraga, Benarkah Demikian?

Pertanyaannya, mengapa sepeda ini dibanderol dengan harga sedemikian tinggi?

Apakah karena modelnya yang berbeda, prestis, atau mungkin fungsi dan kegunaanya?

Berdasarkan sebuah artikel dari Bicycling secara umum faktor yang membuat sepeda lipat memiliki harga tinggi adalah karena keefektivitasannya terkait ruang.

Sepeda ini bisa dilipat dan dijinjing, sehingga memudahkan Anda membawanya kemana pun Anda pergi.

Misalkan ketika Anda harus ke kantor menggunakan kereta komuter atau bus umum, Anda bisa keluar dari rumah dengan bersepeda, kemudian setibanya di stasiun atau shelter pemberhentian, sepeda bisa dilipat dan dibawa serta masuk ke dalam untuk digunakan menuju kantor setelah turun dari bus atau kereta.

Baca juga: Musim Hujan Jangan Malas, Ini 4 Olahraga yang Bisa Dilakukan di Rumah

Keunggulan lain Anda tidak membutuhkan ruang penyimpanan atau garasi yang besar untuk bisa meletakkannya di dalam rumah.

Alasan selanjutnya, sebagian besar sepeda lipat memiliki pilihan mesin dengan daya listrik sebesar 250 watt dan torsi yang cukup untuk membuat Anda melaju dengan cepat dan aman. 

Saat membelinya, Anda bisa menyesuaikan jenis dan merek sepeda berdasarkan ukuran, berat, mekanisme pelipatan, jenis roda sesuai kebutuhan masing-masing penggunanya.

Jadi sepeda ini disebut sebagai paket lengkap dari kebutuhan dan hobi yang menyenangkan dikemas dalam ukuran yang kecil dan menyamankan.

Baca juga: Amankah Olahraga Outdoor Selama Ada Wabah Virus Corona?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com