Ingin Berwisata di Pantai? Ikuti Pedoman Aman CDC Berikut Ini!

Kompas.com - 20/06/2020, 06:29 WIB
Wisatawan memadati Pantai Tanjung Pakis, Pakisjaya, Karawang, Jawa Barat, Senin (1/6/2020).  Meski penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Kabupaten Karawang masih diperpanjang hingga 14 Juni 2020, namun masyarakat sudah memadati lokasi wisata yang berada di Pantai Tanjung Pakis Karawang. ANTARA FOTO/M Ibnu Chazar/pras. ANTARA FOTO/Muhamad Ibnu ChazarWisatawan memadati Pantai Tanjung Pakis, Pakisjaya, Karawang, Jawa Barat, Senin (1/6/2020). Meski penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Kabupaten Karawang masih diperpanjang hingga 14 Juni 2020, namun masyarakat sudah memadati lokasi wisata yang berada di Pantai Tanjung Pakis Karawang. ANTARA FOTO/M Ibnu Chazar/pras.

KOMPAS.com - Indonesia kini tengah memasuki masa transisi menuju ke tatanan hidup baru atau new normal.

Banyak sektor sudah dibuka kembali seperti perekonomian dan tempat ibadah. Sementara itu tempat wisata di berbagai daerah sedang dipersiapkan untuk dibuka kembali.

Sebelum membuka kembali tempat wisata, perlu adanya protokol kesehatan dari pemerintah yang wajib ditaati semua pihak terkait.

Centers for Disease Control (CDC) atau Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat mengeluarkan pedoman wisata di pantai.

Pedoman tersebut ditujukan bagi lembaga pemerintah dan entitas swasta yang mengelola pantai untuk membantu melindungi staf dan pengunjung pantai dari penyebaran Covid-19.

Baca juga: Aturan Baru ke Pantai Gunungkidul, Identitas Wisatawan Diperiksa

Harus jaga jarak

Dilansir CNN, Jumat (19/6/2020), menurut CDC meskipun di pantai, orang-orang tetap harus menjaga jarak sejauh 6 kaki (sekitar 2 meter).

Selain itu masker tetap harus dikenakan ketika di pantai. Pemerintah dan pengelola hendaknya mendorong wisatawan dan staf untuk menggunakan masker kain.

Tapi dengan catatan, masker tersebut tidak boleh basah. Artinya, tidak boleh dipakai ketika berada di air.

Jika basah, orang-orang akan kesulitan bernapas. Sebagai gantinya, orang-orang harus menjaga jarak ketika berada di air.

CDC memecah pedoman menjadi tiga level, yaitu untuk menjelaskan perilaku atau skenario yang menunjukkan risiko terendah, risiko sedang, atau risiko tertinggi bagi staf dan pengunjung pantai.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X