Viral, Unggahan Pria Alami Diare Setelah Minum Minuman Probiotik, Ini Penjelasan Ahli Gizi

Kompas.com - 19/06/2020, 19:31 WIB
Tangkapan layar twit akun @dzawin yang mengonsumsi minuman probiotik dalam jumlah banyak sekaligus pada Kamis (18/6/2020). Twitter: @dzawinTangkapan layar twit akun @dzawin yang mengonsumsi minuman probiotik dalam jumlah banyak sekaligus pada Kamis (18/6/2020).

KOMPAS.com - Sebuah unggahan berisi informasi mengenai seorang pria yang mengalami gangguan pencernaan setelah meminum minuman probiotik berlebih beredar di media sosial Twitter pada Kamis (18/6/2020).

Ia pun mengaku, meminum minuman yang seharusnya membuat lancar pencernaan, namun dengan cara berlebihan membuat efek yang kurang baik bagi kesehatan.

"Semalem minum ya*** 5 biji, sekarang jadi mencret. Bakteri baik kalo ramean dan punya power jadi ga baik lg ternyata," tulis akun Twitter @Dzawinur dalam twitnya.

Hingga Kamis (19/6/2020), twit tersebut telah di-retwit sebanyak 676 kali dan telah disukai sebanyak 5.000 kali oleh pengguna Twitter lainnya.

Baca juga: Ramai soal Uang Koin Kelapa Sawit, Berikut Sejarah hingga Bahan Baku Pembuatannya...

Lantas, apa yang terjadi pada tubuh ketika mengonsumsi minuman probiotik secara berlebih?

Ahli Gizi dari Departemen Kesehatan FK-KMK Universitas Gadjah Mada (UGM), DR Toto Soedargo menyampaikan, meminum minuman probiotik memang sangat baik untuk tubuh. Namun jika konsumsi tidak sesuai anjuran maka dapat mengakibatkan gangguan pencernaan.

"Probiotik itu sangat bagus untuk tubuh terutama membantu penyerapan mineral-mineral penting bagi pertumbuhan yang berguna bagi pertumbuhan dan kesehatan saluran cerna, karena mencegah terjadinya inflamasi," ujar Toto saat dihubungi Kompas.com, Kamis (18/6/2020).

Menurutnya, untuk konsumsi harian, baiknya minuman probiotik diminum berdasarkan dari jumlah bakteri yang ada di produk tersebut.

"Untuk orang dewasa membutuhkan 5-20 miliar CFU per harinya. Karena, kalau berlebihan akan menimbulkan gangguan pencernaan dan tentunya tidak baik untuk kesehatan," kata dia.

Baca juga: Viral Twit soal Kondisi Tubuh Ketika Terinfeksi Covid-19, Ini Penjelasan Dokter

Meningkatkan kekebalan tubuh

Sementara itu, jika minuman probiotik dikonsumsi sesuai anjuran kemasan, maka dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

HOAKS ATAU FAKTA?

Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini

closeLaporkan Hoaks checkCek Fakta Lain
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X