Mengenal Permainan Aksara Jawa CARAKAN Ciptaan Mahasiswa UNS yang Juara di Singapura

Kompas.com - 19/06/2020, 11:06 WIB
Mahasiswa UNS ciptakan permainan aksara Jawa Abyan Ajrurrafi Syauqi, dkkMahasiswa UNS ciptakan permainan aksara Jawa

KOMPAS.com - Pandemi virus corona tak menyurutkan sekelompok mahasiswa Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS) Surakarta untuk tetap berkarya.

Dilatarbelakangi oleh kegelisahan akan budaya bangsa yang kurang diminati masyarakat, lima mahasiswa UNS menciptakan sebuah permainan aksara Jawa yang diberi nama CARAKAN.

Mereka adalah Abyan Ajrurrafi Syauqi, Muhammad Dani Mulyawan, Roisatul Khoiriyati, Tasya Ayu Oktayana, dan Ananto Eko Pambudi.

Permainan tersebut dibuat dalam dua bentuk, yaitu permainan papan flash card dan aplikasi.

Karya mereka pun sukses menorehkan prestasi di tingkat internasional dengan menyabet Bronze Medal di Singapura International Invention Show 2020 pada Mei lalu.

Baca juga: Mengenal Aplikasi Tuker Sampah Mahasiswa UNS yang Meraih Medali Perunggu di AI-JAM Japan 2019

Inovasi belajar aksara Jawa

Kepada Kompas.com, Jumat (19/6/2020), Abyan selaku ketua tim mengatakan, CARAKAN merupakan inovasi permainan untuk belajar aksara Jawa.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Nama CARAKAN sendiri diambil dari salah satu nama aksara Jawa.

"CARAKAN ini sebenernya sebutan 20 aksara Jawa, sebutannya banyak, ada Legena, Dentawyanjana, Hanacaraka. Kami pilih karena nama Carakan adalah nama yang mudah diinget," kata Abyan.

Baca juga: Waspada Rob dan Gelombang Tinggi di Perairan Sekitar Pulau Jawa hingga Sumba, Simak Informasi Lengkapnya...

Menurutnya, bermain CARAKAN dapat membantu dalam menghafal dan mempelajari aksara Jawa.

Dalam bentuk flash card, kata Abyan, CARAKAN dapat digunakan sebagai media pembelajaran ketika sedang berkumpul dengan teman atau keluarga.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X