Update Covid-19, Pengiriman Sampel Virus, dan Pengembangan Vaksin di Indonesia...

Kompas.com - 19/06/2020, 09:48 WIB
Tangkapan layar peta sebaran Covid-19 hingga Kamis (18/6/2020). covid19.go.idTangkapan layar peta sebaran Covid-19 hingga Kamis (18/6/2020).

KOMPAS.com - Penambahan kasus harian tertinggi Covid-19 terjadi pada Kamis (18/6/2020).

Dalam 24 jam terakhir, tercatat ada penambahan 1.331 pasien positif Covid-19.

Angka tersebut merupakan jumlah kasus baru tertinggi sejak kasus pertama Covid-19 diumumkan Presiden Jokowi pada 2 Maret 2020.

Sejumlah upaya untuk mengetahui seputar informasi terkait perkembangan virus corona jenis baru atau SARS-CoV-2 pun terus dilakukan oleh beberapa pihak.

Baca juga: Rekor 1.331 Kasus Baru Covid-19 di Indonesia, Berikut 4 Faktor Pemicunya...

Di Indonesia, Lembaga Biologi Molekuler (LBM) Eijkman mengumumkan telah mengirim 10 sekuens atau sample virus SARS-CoV-2 ke organisasi akses informasi genetik virus di Jerman, GISAID sejak 5 minggu lalu.

GISAID merupakan singakatan dari Global Initiative on Sharing ALL Influenza Data, merupakan inisiatif kerja sama antara pemerintah Jerman dengan organisasi nirlaba yang bertujuan untuk menyediakan akses terhadap berbagai informasi genetik virus-virus yang menyebabkan epidemi seperti flu.

Selain itu, GISAID diketahui telah mengumpulkan data Covid-19 dari berbagai negara.

Baca juga: Jenis Virus Corona di Indonesia Disebut Tak Masuk Kategori yang Ada di Dunia, Ini Penjelasan Eijkman

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X