INFOGRAFIK: Mengenal Kucing Emas, Spesies Langka yang Hampir Terancam Punah

Kompas.com - 19/06/2020, 08:05 WIB
Kucing Emas (Catopuma temminckii) KOMPAS.com/Akbar Bhayu TamtomoKucing Emas (Catopuma temminckii)

KOMPAS.com - Seekor kucing emas Asia ditemukan terperangkap di perkebunan milik warga di Nagari Kamang Mudiak, Kecamatan Kamang Magek, Kabupaten Agam, Sumatera Barat (Sumbar) pada Selasa (16/6/2020).

Hewan yang memiliki nama ilmiah Catopuma temminckii tersebut terjebak di perangkat babi hingga melukai kaki kiri bagian depannya.

Setelah berhasil dievakuasi, Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kaota Bukittinggi Vera Chiko mengatakan usia kucing emas tersebut sekitar 4 tahun.

Dia merupakan kucing emas jantan yang ukurannya sebesar anjing dewasa.

"Info dari warga, perangkap itu sudah dipasang dua hari yang lewat. Warga juga menyebutkan kucing emas sering ditemui di kawasan itu," kata dia.

Jika dibandingkan dengan kucing kampung, kucing emas ini memiliki ukuran dan suara yang berbeda. Tak jarang, warga kerap mengiranya sebagai anak harimau.

Baca juga: Kucing Emas, Satwa Langka Dilindungi yang Habitatnya Hanya Ada di Wilayah Sumatera

Selengkapnya soal kucing emas dapat disimak di infografik berikut!

KOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo Infografik: Kucing Emas (Catopuma temminckii)

Baca tentang

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X