Kucing Emas, Satwa Langka Dilindungi yang Habitatnya Hanya Ada di Wilayah Sumatera

Kompas.com - 18/06/2020, 12:53 WIB
Kucing Emas atau Catopuma temminckii ShutterstockKucing Emas atau Catopuma temminckii

KOMPAS.com – Seekor kucing emas atau Catopuma temminckii terjerat di sebuah permukiman warga di Kabupaten Agam, Sumatera Barat.

Kucing emas yang termasuk satwa langka itu terperangkap di perangkap babi milik warga pada Selasa (16/6/2020).

Saat ini, kucing emas itu telah dievaluasi oleh Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kota Bukitinggi, Sumatera Barat.

Satwa itu tengah diobati di Klinik Satwa Kebun Binatang Bukittinggi.

Apa itu kucing emas?

Analis data dari Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (KSDA) Jawa Timur, Agus Irwanto, mengatakan, kucing emas ini memiliki nama ilmiah Pardofelis temminckii.

Kucing emas juga memiliki sinonim nama ilmiah Catopuma temminckii.

“(Kucing emas) Termasuk satwa yang dilindungi undang-undang. Dilarang untuk menangkap, memelihara, memperjualbelikan dalam keadaan hidup maupun mati,” ujar Agus saat dihubungi Kompas.com, Kamis (18/6/2020).

Agus menyebutkan, hal itu sesuai dengan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor 106/MenLHK/Setjen/KUM.1/12/2018 tentang Perubahan Kedua atas Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor P.20/MenLHK/Setjen/Kum.1/6/2018 tentang Jenis Tumbuhan dan Satwa yang Dilindungi.

Sementara, larangan terkait satwa liar diatur dalam Pasal 21 ayat 2 UU Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya.

Salah satunya larangan memperniagakan, menyimpan atau memiliki kulit, tubuh, atau bagian-bagian lain satwa yang dilindungi atau barang-barang yang dibuat dari bagian-bagian tersebut atau mengeluarkannya dari suatu tempat di Indonesia ke tempat lain di dalam atau di luar Indonesia.

Halaman:

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X