Kompas.com - 18/06/2020, 08:05 WIB
Tangkapan layar unggahan instragram Gubernur Jateng Ganjar Pranowo di Candi Arjuna, Dieng, Banjarnegara, Jawa Tengah. screenshoot InstragramTangkapan layar unggahan instragram Gubernur Jateng Ganjar Pranowo di Candi Arjuna, Dieng, Banjarnegara, Jawa Tengah.

KOMPAS.com - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengunggah postingan di akun instagramnya saat berada di Candi Arjuna, Dieng, Banjarnegara, Jawa Tengah. 

Tempat tersebut merupakan salah satu obyek wisata yang banyak dikunjungi wisatawan saat mengunjungi Jawa Tengah. Namun karena pandemi virus corona, sejumlah obyek wisata di Jateng ditutup, salah satunya Dieng. 

Menjelang adaptasi new normal atau normal baru, sejumlah obyek wisata di Jateng mempersiapkan diri menyambut wisatawan dengan menerapkan protokol kesehatan. Hal itu juga ditulis Ganjar dalam keterangan fotonya: 

"Candi Arjuna, Dieng. Satu dari sekian tempat eksotis di Jateng. Masih setia menunggumu untuk melepas rindu di kawasan negeri atas awan. Sabar ya, biar ditata dulu agar siap menyambut wisatawan," tulis Ganjar. 

Selain Jawa Tengah, sejumlah tempat wisata mulai dipersiapkan untuk dibuka di era new normal.

Pemerintah mulai meninjau kesiapan tempat-tempat wisata tersebut untuk buka kembali. Protokol kesehatan juga disiapkan untuk itu, sehingga saat dibuka kembali nanti semua sudah aman.

Baca juga: Siap-siap Buka, Banyuwangi Simulasi New Normal di 10 Tempat Wisata

Wisata opsi terakhir

Disinggung mengenai pembukaan tempat wisata, epidemiolog dari Griffith University Australia Dicky Budiman mengatakan, tempat wisata seharusnya ditempatkan di fase terakhir saat diterapkan kebijakan pelonggaran.

Sebagaimana kegiatan non esensial lainnya seperti hiburan malam dan rekreasi. 

Dicky mengatakan lokasi wisata cenderung berpotensi menjadi tempat padat manusia yang akan menyulitkan pengendalian penularan.

Sehingga butuh kesadaran yang tinggi dari masyarakat dengan edukasi dan sosialisasi. Selain itu juga aturan ketat dan pengawasan dari pemerintah.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.