Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Deretan Obat yang Diklaim Efektif untuk Covid-19, dari Dexamethasone hingga Hidroksiklorokuin

Kompas.com - 18/06/2020, 06:05 WIB
Retia Kartika Dewi,
Sari Hardiyanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Informasi terkait dexamethasone (deksametason) yang diklaim efektif untuk pengobatan Covid-19 menjadi perhatian banyak pihak.

Adapun kabar tersebut berembus ketika para peneliti dari tim Universitas Oxford melakukan uji coba penggunaan deksametason kepada ribuan pasien positif Covid.

Hasilnya, temuan mereka menunjukkan bahwa deksametason berhasil mengurangi risiko kematian pada pasien Covid-19 dengan kondisi parah.

Baca juga: Mengenal Dexamethasone, Obat yang Diklaim Efektif Selamatkan Pasien dari Covid-19

Sementara itu, tidak hanya dexamethasone, semenjak Covid-19 muncul dan merebak di dunia pada akhir 2019, sejumlah pakar dan tenaga medis melakukan berbagai upaya melawan virus yang menyerang saluran pernapasan ini.

Adapun tindakan yang ditempuh yakni melakukan perawatan pasien hingga mencari vaksin yang tepat untuk menyembuhkan pasien Covid-19.

Berikut obat yang diklaim dapat menyembuhkan virus corona:

1. Avigan

Butiran tablet Avigan (nama generik: Favipiravir), obat yang sedang diuji coba untuk mengobati penyakit Covid-19. Obat ini diproduksi oleh Toyama Chemical Co., anak perusahaan Fujifilm Holdings Company.Issei Kato/REUTERS Butiran tablet Avigan (nama generik: Favipiravir), obat yang sedang diuji coba untuk mengobati penyakit Covid-19. Obat ini diproduksi oleh Toyama Chemical Co., anak perusahaan Fujifilm Holdings Company.

Pada Maret 2020, muncul kabar bahwa obat generik favipiravir dengan merek Avigan dinyatakan efektif mengobati pasien Covid-19.

Avigan ini dibuat secara khusus untuk mengobati tubuh dari virus RNA, termasuk SARS-CoV-2.

Obat ini digadang-gadang dapat menghentikan beberapa virus dari replikasi dengan melumpuhkan enzim yang disebut RNA polimerase, yang membangun RNA.

Tanpa enzim utuh, virus tidak dapat menggandakan materi genetiknya secara efisien sekali di dalam sel inang.

Tetapi, obat ini rupanya kurang efektif bagi pasien dengan kondisi penyakit berat. Selain itu, penggunaan Avigan juga memiliki serangkaian efek samping yang tidak mudah untuk diaplikasikan kepada pasien Covid-19.

Baca juga: Mengenal Obat Flu Avigan yang Diklaim Efektif Lawan Virus Corona

2. Remdesivir

Ilustrasi remdesivir yang awalnya dikembangkan untuk obat antivirus ebola, kembali menunjukkan hasil uji klinis positif dalam penggunaannya untuk mengobati infeksi virus corona baru pada pasien Covid-19.SHUTTERSTOCK/felipe caparros Ilustrasi remdesivir yang awalnya dikembangkan untuk obat antivirus ebola, kembali menunjukkan hasil uji klinis positif dalam penggunaannya untuk mengobati infeksi virus corona baru pada pasien Covid-19.

Selain itu, obat lain yang diklaim dapat dijadikan vaksin untuk Covid-19 yakni remdesivir.

Penasehat kesehatan Gedung Putih Dr Anthony Fauci mengungkapkan, uji coba remdesivir yang dilakukan oleh National Institue of Allergy and Infectious Disease (NIAID) menunjukkan kabar baik dan sempat dikabarkan akan menjadi standar perawatan baru untuk pasien Covid-19 di AS.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com