KPAI: Anak Terlantar dan Panti Sosial Rentan Terinfeksi Covid-19, Ini Datanya...

Kompas.com - 15/06/2020, 16:58 WIB
Ilustrasi virus corona pada anak ShutterstockIlustrasi virus corona pada anak

 

KOMPAS.com - Komisi Perlindungan Anak Indonesia ( KPAI) meminta pemerintah lebih memperhatikan anak- anak terlantar dan anak panti sosial selama pandemi Covid-19.

Sebab dari pengaduan yang masuk ke KPAI ada 27 anak dari panti sosial dan penyandang disabilitas ganda yang terpapar virus corona. Rinciannya, 14 anak di panti sosial di Kalimantan Selatan dan 13 anak penyandang disabilitas ganda di Jakarta. 

Selain itu, KPAI juga mendapatkan data dari Kemenkes RI per 22 Mei 2020 bahwa ada sebanyak 19.196 anak yang terkait dengan Covid-19.

Dari jumlah tersebut, rincian anak dengan positif Covid-19 sebanyak 715 anak, PDP sebanyak 7.152 anak, ODP sebanyak 10.375 anak dan OTG sebanyak 954 anak.

Baca juga: Vaksin Pertama Covid-19 Mungkin Tak Membuat Kebal pada Infeksi

Anak-anak termasuk kategori rentan

Komisioner Bidang Sosial dan Anak Dalam Situasi Darurat KPAI Susianah Affandy mengatakan, anak-anak memiliki seumlah risiko selama pandemi virus corona.

Pertama, anak-anak memiliki kerentanan akan paparan Covid-19.

"Kasus anak terpapar Covid-19 sebagian besar tertular dari anggota keluarga yang merupakan pasien positif atau pengasuhnya," kata Susianah dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Senin (15/6/2020).

Kedua, anak-anak juga rentan terdampak Covid-19 dan menyebabkan hak-hak mereka terabaikan.

Menurutnya, selama pandemi banyak fasilitas kesehatan tingkat pertama yang biasa melayani imunisasi, cek kesehatan Ibu dan anak, tumbuh kembang di banyak daerah tidak memberikan layanan atau tutup.

Selain hak atas kesehatan, hak atas pendidikan yang dilaksanakan secara jarak jauh juga tidak bisa diakses oleh semua anak di Indonesia dengan beragam permasalahan.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X