Kompas.com - 15/06/2020, 07:32 WIB
Penataan jarak pedagang pasar pagi Salatiga diapresiasi Gubernur Jateng Ganjar Pranowo KOMPAS.com/DIAN ADE PERMANAPenataan jarak pedagang pasar pagi Salatiga diapresiasi Gubernur Jateng Ganjar Pranowo

KOMPAS.com - Pasar tradisional merupakan salah satu tulang punggung yang menyangga perekonomian masyarakat Indonesia.

Namun, akibat pandemi Covid-19, keberadaan pasar perlu diwaspadai karena memiliki potensi besar untuk menjadi pusat penyebaran virus corona.

Banyaknya pedagang pasar tradisional yang terjangkit virus corona, menjadikan pasar sebagai salah satu klaster penyebaran Covid-19 di sejumlah daerah.

Tim komunikasi publik Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Reisa Broto Asmoro mengatakan, saat ini sudah ada lebih dari 400 pedagang pasar tradisional yang telah terinfeksi Covid-19.

Jumlah ini diketahui berdasarkan data Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (IKPPI).

Baca juga: Buka Lagi Senin Besok, Pasar Rawa Kerbau Belum Berlakukan Sistem Ganjil Genap

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Titik pertemuan banyak orang

Menurut Tonang Dwi Ardyanto, dosen Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, pasar adalah titik pertemuan banyak orang, dengan berbagai posisi dan kondisi.

Oleh karena itu, perlu usaha lebih untuk penerapan protokol kesehatan di pasar tradisional. 

"Ketika ada satu saja yang terkena, maka mudah sekali menyebar. Maka memang diperlukan pencegahan, pengawasan dan ketegasan," kata Tonang saat dihubungi Kompas.com (14/6/2020).

Tonang juga menambahkan bahwa pengunjung pasar berasal dari berbagai wilayah dan komunitas. Maka ketika terjadi penyebaran di pasar, berarti bisa berasal dari berbagai wilayah.

"Risikonya juga nanti akan menyebar ke berbagai wilayah. Itu mengapa pasar tradisional harus menjadi perhatian, apalagi ketika sudah ada pelonggaran," kata Tonang.

Baca juga: Pascapenutupan Sementara, Pedagang Pasar Rawa Kerbau Jakpus Akan Kembali Jualan

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.