Jadi Pilihan Selama di Rumah Saja, Ini Tips Bercocok Tanam di Lahan Terbatas

Kompas.com - 14/06/2020, 20:17 WIB
Ilustrasi bercocok tanam, berkebun ShutterstockIlustrasi bercocok tanam, berkebun

KOMPAS.com - Selama masa pandemi virus corona di Indonesia, masyarakat diminta untuk di rumah saja, kecuali keluar rumah untuk hal-hal penting.

Selama di rumah saja, banyak yang mencoba hobi-hobi baru. Di media sosial, berbagai cerita soal aktivitas di rumah saja pun dibagikan.

Salah satunya bercocok tanam. Tak sedikit yang menjadi kreatif dalam bercocok tanam, terutama yang memiliki lahan terbatas.  

Ketua Program Studi Magister Ilmu Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan Institut Pertanian Bogor (IPB) Hadi Susilo Arifin mengatakan, keterbatasan lahan bukan menjadi alasan untuk tidak bercocok tanam.

Menurut dia, ada beberapa teknologi yang bisa dimanfaatkan tanpa membutuhkan lahan luas.

"Karena ada teknologi-teknologi, misalnya vertical garden atau yang biasa dikenal dengan vertikultur, menanam dengan memanfaatkan ruang ke atas," kata Hadi kepada Kompas.com, Minggu (14/6/2020).

"Ada juga teknologi hanging garden, balcony garden, window garden, dan green roof garden," lanjut dia.

Baca juga: Bercocok Tanam ala Warga Kampung Akuarium di Selter

Metode lain yang lagi populer saat ini adalah metode hidroponik, yaitu bercocok tanam menggunakan media air, bukan tanah.

Menurut Hadi, metode-metode tersebut cocok untuk masyarakat perkotaan, bahkan untuk rumah susun dan apartemen.

Hadi mengatakan, masyarakat yang memiliki lahan sempit bisa menggunakan media seperti poly bag dan pot yang memungkinkan untuk melakukan rekayasa tanah.

Halaman:

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X