Hari Donor Darah Sedunia, Ini Kondisi Stok Darah Selama Pandemi Corona

Kompas.com - 14/06/2020, 16:35 WIB
Kegiatan donor darah di Polres Ngawi. PMI Ngawi sepat kesulitan memberikan pelyanan darah kepada pederita talaseia karean stock darah sempat kosong. KOMPAS.COM/SUKOCOKegiatan donor darah di Polres Ngawi. PMI Ngawi sepat kesulitan memberikan pelyanan darah kepada pederita talaseia karean stock darah sempat kosong.

KOMPAS.com - Hari ini diperingati sebagai Hari Donor Darah Sedunia. Setiap tahun pada tanggal 14 Juni selalu dikampanyekan untuk melakukan aksi donor darah.

Tahun ini  Hari Donor Darah Sedunia 2020 mengangkat tema "Save blood saves lives" (Darah yang aman menyelamatkan nyawa).

Menurut WHO, melalui kampanye ini, kami meminta lebih banyak orang di seluruh dunia untuk menjadi penyelamat dengan sukarela menyumbangkan darah secara teratur.

Baca juga: Hari Donor Darah Sedunia, Bagaimana Sejarah dan Cara Memperingatinya?

Masa pandemi Covid-19

Kepala Divisi Pembinaan Donor Darah PMI PUsat Dr. Lilis Wijaya menjelaskan, mengenai ketersediaan darah di Indonesia saat ini mengalami penurunan.

"Stok darah selama pandemi Covid-19 menurun terutama untuk golongan darah AB dan A," ujarnya pada Kompas.com, Minggu (14/6/2020).

Lilis mengatakan, mengenai penurunan jumlah stok darah di berbagai daerah angkanya bisa bervariasi, yaitu sekitar 10 hingga 20 persen.

Mengenai penyebab menurunnya stok darah di PMI tidak terlepas dari adanya pandemi Covid-19. Kebijakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) mempengaruhi stokdarah yang ada di PMI.

Meskipun demikian, Lilis menyebut, animo orang untuk berdonor masih besar. Orang-orang yang rutin donor darah masih mendatangi PMI atau melalui mobil unit yang biasa mendatangi lingkungan tempat tinggal.

Baca juga: Ingin Donor Darah? Berikut Cara Aman Donor Darah Saat Pandemi Corona

Donor darah aman dilakukan

Menurut Lilis, donor darah selama pandemi Covid-19 aman dan tetap bisa dilakukan. Sebab PMI telah melakukan langkah preventif dengan mengeluarkan protokol kesehatan.

Hal itu seperti disinfeksi gedung, ruangan, dan alat-alat yang digunakan.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X